Rutan Menggala Deteksi Dini Keamanan dan Ketertiban

Tanggal 17 Mar 2023 - Laporan Abdul Rohman. - 563 Views
Kunjungi kamar narapidana untuk deteksi dini dan mendengarkan keluhan napi.

MOMENTUM, Menggala -- Rutan Kelas IIB Menggala, Kabupaten Tulangbawang, melakukan deteksi dini untuk menjaga keamanan dan ketertiban rumah tahanan.

Deteksi dini dilakukan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Junanda Wiguna bersama jajarannya dengan mendatangi kamar para narapidana atau warga binaan pada Jumat (17-03-2023).
Selain itu, kata Juanda, dalam kunjungan itu juga digunakan untuk mendengarkan keluh kesah para napi. Kegiatan ini, kata dia, merupakan program Salam Pemasyarakatan. Yaitu, konseling terhadap warga binaan yang dilakukan petugas pemasyarakatan demi membangun hubungan positif dengan napi.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Menggala, Indar Laya, mengatakan, program tersebut untuk membaca keadaan napi agar pembinaan berjalan dengan baik.

Dengan cara itu, kata dia, petugas mendeteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. Sementara keluh kesah napi dapat ditindak lanjuti agar mendapatkan solusi terbaik.

"Salam Pemasyarakatan ini adalah program Kadivpas Lampung yang intinya bagaimana cara mengeksplor dan membuat narapidana bercerita. Kuncinya, kita menjadi pendengar dan menjembatani permasalahannya, kegiatan yang sebelumnya sudah rutin dilakukan untuk mendengar, memberi empati serta menjembatani permasalahan yang dihadapi warga binaan sehingga dapat menemukan solusinya," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan ini minimal dua kali dalam seminggu. "Kami ada tim, bergantian menyambangi kamar hunian, melakukan kegiatan bersama, sehingga sekecil apapun masalh dapat terdeteksi", paparnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Perkara Tipu Gelap Tiga Unit Mobil Mewah, BIN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Nege ...


Polisi Limpahkan Perkara Narkoba ke Kejari Pr ...

MOMENTUM, Pringsewu--Satnarkoba Polres Pringsewu melimpahkan lima ...


Jadi Saksi di PTUN Bandarlampung, Tony Eka Ca ...

MOMENTUM, Bandarlampung-- Sidang lanjutan gugatan tanah milik Zai ...


Menantu Wanita Curi Uang Mertua Sebanyak Rp16 ...

MOMENTUM, Padangaru -- Seorang menantu di Lampung Tengah nekat me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com