Tubaba Siapkan Rp15 Miliar untuk THR ASN dan P3K

Tanggal 05 Apr 2023 - Laporan Solihin. - 1019 Views

MOMENTUM, Panaragan -- Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menyiapkan Rp15 miliar untuk tunjangan hari raya (THR) aparatur sipil negara (ASN) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) setempat.

Nilai THR untuk masing-masing ASN adalah sebesar penghasilan atau gaji yang diterima di bulan Maret, meliputi komponen gaji pokok dan tunjangan yang melekat seperti tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan/tunjangan umum.

"Untuk pembayaran THR sudah disiapkan dananya sebesar Rp15 miliar. Akan dibayarkan paling lambat 10 hari sebelum hari raya,” kata Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Tubaba Mirza Irawan didampingi Kabid Perbendaharaan dan Gaji, Tara Issabela, Rabu 5 April 2023.

Pembayaran THR atau gaji ke-14 itu sesuai dengan PP 15 Tahun 2023 tentang Pemberian THR ASN, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan 2023. "Saat ini kami tengah memproses pembuatan peraturan bupati (perbup)nya,” katanya di ruang kerjanya di Tiyuh/Desa Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Jumlah ASN dan pegawai P3K di Tubaba sebanyak 3.362 orang. "THR ini akan dibayarkan full, hanya dipotong pajak penghasilan,” jelasnya.

Tara menambahkan, rincian THR yang diterima ASN dan P3K yakni gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum seperti yang mereka terima pada bulan Maret.

“Komponen THR yang cair 50 persen itu adalah tambahan penghasilan, sementara komponen lainnya tetap dibayar 100 persen,” ujarnya.

Sementara Sekretaris BKAD Tubaba Mukmin, menambahkan terkait pembayaran THR bagi guru ASN dan P3K yang belum mendapatkan sertifikasi kemungkinan hanya akan dibayarkan gaji pokok 14-nya, sementara komponen lain akan dibayarkan setelah hari raya.

"Ini yang masih menjadi kendala, karena Gaji ke-14 ASN guru dan P3K yang sertifikasi dan belum sertifikasi sumber dana dari pusat ditransfer terpisah. Kami sudah kirim surat ke Dinas Pendidikan minta jumlah guru yang belum sertifikasi. Kami segera kirim ke Kementerian Keuangan supaya dananya segera disalurkan. Tapi kami tetap upaya agar gaji-14 dan komponen lainnya yang melekat dapat mereka terima 100 persen sebelum hari raya,” harapnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


Wahdi Ajak Jaga Kerukunan ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengimbau masya ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com