Pasien Tertahan di RSUDAM, Andi Surya Usulkan Protap Pasien Tidak Mampu

Tanggal 10 Nov 2017 - Laporan - 1017 Views
Anggota DPD RI Andi Surya. Foto: Ist

Harianmomentum.com--Anggota DPD RI perwakilan Lampung Andi Surya angkat bicara terkait masalah pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung, terhadap warga kurang mampu.

 

Andi mengungkapkan keprihatinannya terhadap Indarti (39), warga Kelurahan Gapura, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara yang tertahan di RSUDAM lantaran tidak mampu membayar biaya persalinannya.

 

"Secara pribadi saya prihatin kepada ibu dan bayi ini. Bila mereka sudah diizinkan pulang ke kediamannya, pasti mereka sangat bahagia. Bayinya juga akan lebih terurus," ungkap Andi Surya saat dihubungi, Kamis (9/11).

 

Menurut senator asal Lampung ini, sebaiknya RSUDAM membuat prosedur tetap (Protap) terkait pasien yang tidak mampu membayar.

 

"Tentunya dengan cara-cara yang elegan dan sama-sama saling memahami serta tidak merugikan satu sama lainnya," jelasnya.

 

Salah satu protap yang diusulkannya adalah, dibuatnya mekanisme khusus bagi masyarakat yang belum mampu membayar untuk dapat membuat surat perjanjian khusus semacam hutang piutang antara RSUDAM dan keluarga yang bersangkutan.

 

"Tujuannya agar tidak adalagi isu yang mengatakan bahwa RSUDAM menahan pasien-pasien yang seharusnya bisa pulang," paparnya.


Baca: Tak Bisa Bayar Rp9 Juta, Ibu dan Bayinya Tertahan di RSUDAM


Menurut dia, secara normatif dan kode etik RSUDAM tidak bisa menahan pasien yang sudah sembuh untuk pulang, apalagi ini rumah sakit pemerintah.

 

"Untuk itu, pasti bisa dicari jalan keluar yang baik, agar sama-sama bisa menjaga nama baik RSUDAM Provinsi Lampung serta warga yang memakai jasa RSUDAM juga memahami kewajiban-kewajibannya," pungkasnya. (acw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com