Jaga Ekosistem Perairan, Tiga Sungai di Lamteng Ditebari Benih Ikan

Tanggal 14 Apr 2023 - Laporan Agus Setiawan. - 381 Views
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad menebar benih di perairan di wilayahnya.

MOMENTUM, Gunungsugih -- Pemkab Lampung Tengah menebar 250 ribu ekor benih ikan di tiga sungai di tiga kecamatan. Tujuannya, agar ekosistem perairan terjaga keseimbangan alam dan lingkugannya.

Ketiga sungai yang ditebari benih ikan adalah Way/Sungai Punggur Kampung Tulungitik, Kecamatan Gunungsugih; Way Terusan Kampung Gunungbatin, Kecamatan Terusannunyai; dan Way Pengubuan Kecamatan Terbanggibesar.

Penebaran benih ikan dilakukan Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad pada Jumat, 14 April 2023. Dihadiri Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Hanan A Razak dan sejumlah pejabat setempat.

Musa Ahmad berharap ada kerja sama yang baik antara instansi dan pihak terkait dalam menjaga perairan umum/sungai sehingga keseimbangan alam dan lingkungan terjaga.

"Saya berpesan kepada instansi terkait agar dapat melaksanakan kegiatan restocking ini secara rutin demi pelestarian sumber daya ikan dan dalan rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,” kata bupati.

Bupati juga mengingatkan masyarakat untuk berhenti mencari ikan dengan cara ilegal. Kepada aparatur kampung diminta berkoordinasi dengan pihak berwajib apabila menemukan penangkap ikan menggunakan cara yang melanggar hukum.

Sementara Hanan mengatakan penerbaran benih atau restocking ikan itu berkerja sama dengan Balai Perikanan Provinsi Lampung. Jenis ikan yang ditebar adalah jelabat dan nila. "Langkah ini dilakukan demi menjaga populasi ikan yang ada,” jelas Hanan.

Penebaran benin, lanjut Hanan, untuk menambah stok ikan tangkapan di perairan umum yang telah mengalami penurunan akibat pemanfaatan yang berlebihan.

“Tujuan dari pelaksanaan Restocking ini ialah untuk meningkatkan stock populasi ikan di perairan umum, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, meningkatkan produksi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujarnya. (*).

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com