Adrian dan Putri, Duta Generasi Berencana 2023 Lambar

Tanggal 07 Mei 2023 - Laporan Sulemy Wahyu. - 320 Views
Obet Adrian dan Putri Frisca Aina Sipalia terpilih sebagai juara I Duta Generasi Berencana atau Genre 2023 Kabupaten Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa -- Obet Adrian dan Putri Frisca Aina Sipalia dari SMAN 1 Liwa terpilih sebagai juara I putra dan putri Duta Generasi Berencana (Genre) Kabupaten Lampung Barat tahun 2023.

Sedangkan juara dua putra diraih Rapif Nanan Siswa SMAN 1 Liwa dan Putri Rismalia Gultom Siswi SMAN 2 Liwa. Juara tiga putra Raihan Aulia Rapik Siwa SMP Sekuting Terpadu dan Indah Lestari siswi SMAN 1 Liwa.

Ajang pemilihan Duta Genre Lampung Barat pada tahun ini diikuti 100 peserta remaja putra dan putri. Dari jumlah itu, 20 peserta masuk grand final di Lamban Pancasila Komplek Perkantoran Pemkab Lambar di Liwa, Sabtu 6 Mei 2023.

Kegiatan yang digelar Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Lambar itu mulai digelar para 23 Januari lalu. Diikuti oleh 100 peserta yang merupaka putra putri daerah.

Berdasarkan hasil babak penyisihan terdapat 20 peserta memasuki babak akhir atau final. Untuk kemudian dipilih tiga besar atau juara satu pura putri, dua dan tiga.

"Dengan adanya pemilihan Duta Genre ini diharapkan dapat menciptakan remaja-remaja berencana serta terencana yang nantinya menjadi icon bagi remaja Kabupaten Lampung Barat," Kata Ferdian Satria, Analis Bidang Ketahanan Remaja saat menyampaikan sambutan mewakili Kepala BKKBN Provinsi Lampung.

Selain itu, diharapkan ke depan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Pasalnya, Duta Genre miliki peran penting sebagai motivator dalam meningkatkan ketahanan remaja dan pembinaan remaja salah satunya mengajak teman sebaya mendewasakan usia perkawinan.

Namun, Ferdian berpesan, pemilihan duta Genre tidak hanya berhenti sebatas ajang kompetisi atau seleksi. Harus ada aktualisasi di kehidupan nyata lingkungan remaja, memberi warna perubahan ke arah yang lebih baik.

Dikatakan Ferdian, label duta Gendre bukan hanya sebatas selempang juara serta piala. Tetapi merupakan amanah yang harus dipertanggung jawabkan serta harus dijalankan sebaik mungkin.

"Kepada Duta Gendre yang nantinya akan terpilih, kami harap dapat mengemban tanggung jawab sebaik mungkin, serta jadikan diri anda sebagai icon bagi lingkungan sekitar dan juga bagi remaja Lampung Barat," Sebutnya.

Di tempat yang sama, Kepala PPKBPPPA Kabupaten Lampung Barat M. Danang Harisuseno, berharap, Duta Gendre dapat membentuk generasi yang sehat, cerdas dan ceria sehingga mampu meraih bonus demografi serta mewujudkan Indonesia emas Tahun 2045.

Dikatakan Danang Duta Genre sebagai role model dan motivator bagi remaja untuk mensosialisasi dan mempromosikan program Genre akan lebih efektif.

Seperti diketahui, pada 2045 mendatang, pengamat ekonomi dunia menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara yang tumbuh menjadi the best five economic in the world.

"Maka untuk mewujudkan proyeksi tersebut, kita siapkan generasi yang lebih baik mulai dari sekarang," Harapnya.

Oleh karena itu, ke depannya, Danang berharap, duta Genre bisa terjun ke masyarakat untuk menjalankan perannya sebagai pendidik dan konselor sebaya melalui pengembangan pusat informasi dan konseling remaja.

"Saya harap nantinya Duta Genre Kabupaten Lampung Barat dapat berperan aktif melaksanakan aksi dan tindakan langsung di lapangan, mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan remaja kita. Selain itu, besar juga harapan saya agar duta Genre Kabupaten Kabupaten Lampung Barat sukses sampai ke tingkat Nasional," katanya.

Turut hadir pada Grand Final Duta Gendre tersebut, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat Drs. Junaidi M.M, Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik (KIP) Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Lampung Barat Ansori, dan perwakilan siswa-siswi dari berbagai sekolah. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Gelar Upacara Peringatan Hardiknas 2024, Rekt ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Universitas Islam Negeri (UIN) Raden In ...


Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Darmajaya Muli T ...

MOMENTUM, Bandarlampung – Mahasiswi Prodi Hukum Bisnis Institut ...


Gelar UTBK SNBT Hari Pertama, Unila Pastikan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sel ...


Mahasiswa Prodi IPII Raih Juara Lomba Gerakan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com