Pemkab Lambar dan BPKP Tandatangani Kesepakatan Bersama

Tanggal 25 Mei 2023 - Laporan Sulemy Wahyu. - 278 Views
Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nukman dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Suryarsih Fifi Herwati.

MOMENTUM, Liwa -- Pemkab Lampung Barat menjalin kerja sama dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Lampung dalam pengembangan manajemen pemerintahan.

Naskah kesepakatan bersama atau memorandum of understanding (MoU), ditandatangani Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat Nukman dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Suryarsih Fifi Herwati di Aula Kagungan Setdakab di Liwa, Kamis 25 Mei 2023.

Usai penandatangan MoU, dilanjutkan dengan sosialisasi penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terintegrasi Tahun 2023.

Menurut Nukman, kerja sama itu merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang bertujuan mengembangkan manajemen pemerintah guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Kerja sama itu antara lain, pemberian esistensi atas kegiatan dengan ruang lingkup pengelolaan keuangan daerah, pengembangan dan penyelenggaraan sistem akuntasi keuangan daerah, pengembangan dan penyelenggaraan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, penyelenggaraan, pengawasan dan peningkatan kapasitas aparat pengawasan intern pemda, pengembangan dan penyelenggaraan SPIP dan pengembangan bidang manajemen lainnya.

Selain itu, kesepakatan tersebut merupakan langkah awal untuk saling bersinergi dan berkoordinasi antara Pemkab Lampung Barat dengan BPKP Provinsi Lampung dalam mewujudkan keselarasan pengembangan manajemen kepemerintahan yang baik.

Dia berharap, adanya kesepakatan tersebut, ke depan dapat memepertahankan pencapaian tingkat maturitas SPIP sesuai dengan target pemerintah pusat yaitu level tiga sama seperti tahun 2022 lalu. Kualitas sistem pengendalian intren Pemerintah diharapkan dapat mendukung capaian tujuan organisasi.

"Agar lebih konkrit, tingkat maturitas SPIP ini bisa diukur dari dua hal, pertama dari aspek desain pengendalian intren, kedua dari aspek penerapannya," Sebutnya.

Sementara, ketua BPKP Provinsi Lampung Suryarsih Fifi Herwati mengapresiasi Kabupaten Lampung Barat atas pencapaian maturitas SPIP level tiga. "Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat atas capaian maturitas SPIP level tiga," kata dia.

Dengan adanya kesepakatan bersama tersebut, Suryarsih berharap Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mampu mendekripsikan sterategi capaian kinerja lebih relevan dan integrasi dalam menyelenggarakan Pemerintahan berdasarkan manajemen yang baik.

Sebab, dikatakan Suryarsih, penandatanganan kesepakatan bersama tersebut merupakan salah satu perwujudan tatakelola Pemerintahan yang baik tanpa mengurangi kewenagan yang dimiliki masing-masing pihak.

"Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat prinsip tatakelola yang baik dan transparan dalam pengelolaan pemerintahan," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


18 Pelamar JPTP Lulus Uji Kompetensi, Satu Gu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


365 Calon Jemaah Haji Metro Mengikuti Manasik ...

MOMENTUM, Metro--Sebanyak 365 calon jamaah haji (CJH) Kota Metro ...


Bupati Lamsel Serahkan 14 Sertifikat Gratis P ...

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermant ...


Pj Bupati Tulangbawang Barat Ziarah ke Makam ...

MOMENTUM, Pagardewa -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com