Bappeda Pringsewu Gelar Kompas Iptek

Tanggal 29 Mei 2023 - Laporan Sulistiyo - 262 Views
Pembukaan Kompas Iptek tahun 2023 yang diselenggarakan Bappeda Kabupaten Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pringsewu menggelar Final Kompetisi Karya Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi(KOMPAS IPTEK)tahun 2023.

Kegiatan berlangsung di Hotel Regency, Gadingrejo itu dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, Senin (29-5-2023).

Ketua panitia kegiatan Ivan Kurniawan yang juga Sekretaris Bappeda Pringsewu Ivan Kurniawan sekaligus ketua panitia kegiatan tersebut mengatakan, kompetisi dibagi tiga kategori: tingkat pekon diikuti lima finalis dari delapan peserta. Kategori umum, diikuti sepuluh finalis dari 23 peserta dan kategori pelajar dengan finalis dari 22 peserta. "Final kompetisi ini akan berlangsung hingga Rabu 31 Maret 2023," kata Ivan.

Dia jug menjamin obyektifitas penilian kompetisi tersebut. "Tim juri kita pastikan independen, profesional dan berkopenten. Satu ari Dinas P3MD Provinsi Lampung, dari P3MD Kabupaten Pringsewu, dari Universitas Aisyah Pringsewu, dari IBN Lampung dan dua juri  dari pihak Bappeda Pringsewu," terangnya. Metode kompetisi diawali dengan paparan peserta dan penayangan video serta tanya jawab.

Kepala Bappeda Pringsewu A. Fadoli menyebut,  dasar kegiatan tersebut adalah Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan Peraturan Bupati Pringsewu Nomor 23 tahun 2021 tentang inovasi daerah.

"Tujuan kompetisi ini untuk menumbuhkembangkan penguasaan, pemanfaatan, pendayagunaan sumberdaya serta pengembangan IPTEK, khususnya di Kabupaten Pringsewu," kata Fadoli.

Dia berharap, muncul pemenang terbaik dengan realisasi karya yang inovatif ntuk kepentingan masyarakat luas. "Pemenanga kompetisi tahun 2022 lalu dengan inovasi Mesin Pengolah Tepung Glukomanan Porang menjadi Juara I pada Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Lampung 2023. Mudah-mudahan tahun ini kembali muncul karya teknologi tempat guan yang lebih inovatif untuk kepentingan masyarakat luas," harapnya.

Harapan senada disampaikan Sekdakab Pringsewu Heri Iswahyudi saat membuka kompetisi tersebut. "Semoga karya inovasi yang dihasilkan melalui kompetisi ini dapat berkontribusi secara langsung kepada masyarakat, sekaligus meningkatkan Indeks Inovasi dan  Daya Saing Daerah," harapnya . 

Dia menyebut, pada tahun 2022, berdasarkan hasil pemetaan Kementerian Dalam Negeri, indeks inovasi daerah Kabupaten Pringsewu berada di urutan ke-51 dari 415 kabupaten dengan total nilai 50,83 dan masuk dalam kategori Inovatif. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Pemkab Mesuji akan Bangun Jembatan Penghubung ...

MOMENTUM, Mesuji -- Besok, Jumat 29 Maret 2024, Penjabat Bupati M ...


Perdagangan dan Jasa di Metro Serap 35,53 Per ...

MOMENTUM, Metro--Sektor perdagangan dan jasa mendominasi lapangan ...


Kabar Gembira, THR ASN Pemprov Cair Pekan Dep ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi para aparatur sipil n ...


Bersama Pj Ketua PKK, Firsada Safari Ramadan ...

MOMENTUM, Panaragan -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com