Wabup Waykanan: Pacasila Kekuatan Pemersatu Bangsa

Tanggal 01 Jun 2023 - Laporan Novita Sari - 420 Views
Wakil Bupati Waykanan Ali Rahman sebagai inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pancasila bukan hanya dasar negara. Nilai-nilai Pancasila menjadi falsafah dasar, padangan hidup sekaligus kekuatan pemersatu bangsa Indonesia.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Waykanan Ali Rahman membacakan amanat Presiden Joko Widodo pada upacara peringatah Hari Lahir Pancasila. Upacara berlangsung di halaman kantor Pemkab Waykanan, Kamis (1-6-2023).

“Pancasila merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cintaTanah Air, sehingga dapat membangun bangsa dan Negara yang lebih baik," kata wabup. 

Selain itu, Pancasila dengan nilai-nilai inklusicitas, toleransi, gotong royong, keberagaman yang menjadi berkah yang dirajut dalam identitas Nasional Bhinneka Tunggal Ika.

"Untuk itu, Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sangat bermakna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia, turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Presiden dalam amanatnya juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu tahun 2024."Setiap komponen bangsa harus menyadari pentingnya membangun karakter bangsa yang bersendikan nilai-nilai Pancasila. Sebagaimana yang dikatakan Bung Karno, bahwa nilai-nilai Pancasila dan nasionalisme harus terus dibangun dan diwariskan pada generasi selanjutnya," ajaknya.

Selain jajaran Pemkab Waykanan, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila itu juga diikuti perwakilan tim penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan serta sejumlah perwakilan organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di kabupaten setempat. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Pringsewu Gelar Peragaan Busana Khusus Lansia ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Lomba fashion show atau peragaan busana kh ...


Bulan Ini, Lampung Dapat Tambahan 596 Ribu Ta ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung mendapatkan tambahan ku ...


Hari Pertama Jabat Plh Gubernur, Fahrizal Kum ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fa ...


Pekon Wates Realisasikan Dana Desa untuk Infr ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Pekon Wates Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com