Pemkab Pesawaran Siapkan Sejumlah Hewan untuk Dipotong pada Idul Ahda

Tanggal 20 Jun 2023 - Laporan Rifat Arif - 422 Views
Ilustrasi. Ist.

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyiapkan sejumlah hewan untuk dipotong pada hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Hewan kurban tersebut antara lain enam ekor sapi dan empat ekor kambing berasal dari sejumlah organisasi perangkat daerah yang ada di lingkungan pemkab setempat.

Kabag Kesra Setdakab Pesawaran Iwan Chandra Gautama mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang diberikan ke setiap dinas agar yang ingin melakukan qurban pada tahun ini dapat menghubungi pihaknya untuk didata.

“Jadi kalau sampai hari ini, berdasarkan data kita baru terdapat enam ekor sapi kemudian untuk kambing terdapat empat ekor, kemungkinan akan bertambah,” katanya, Selasa (20-6-2023).

Iwan mengatakan, pihaknya telah menentukan lokasi pemotongan hewan qurban. Antara di Islamic Center Pesawaran.

"Kita juga akan membuat panitia pembagian daging hewan qurban tersebut, mereka bertanggung jawab untuk mencari masyarakat yang berhak menerima, baru nanti dilaporkan kepada kami," katanya.

Dia mengatakan, pemotongan hewan qurban Pemerintah Kabupaten Pesawaran ini, bertujuan meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan berbagi daging qurban pada hari Idul Adha.

Dengan adanya pemotongan hewan qurban diharapkan masyarakat dapat merasakan perayaan Idul Adha. "Karena itu, kita meminta kepada dinas yang ingin berqurban untuk menghubungi kami, sehingga semakin banyak titik pemotongan yang ada di Pesawaran ini,” kata dia.

Menurutnya, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan untuk mengecek kesehatan hewan kurban tersebut.

“Hewan yang kita qurbankan akan dicek kelayakannya oleh tim medis kesehatan hewan, sehingga sapi yang kita qurban ini layak untuk di sembelih dan aman dikonsumsi oleh masyarakat," katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com