Warga Metro Barat Budidaya Kambing Persilangan Dorper dan Boer

Tanggal 21 Jul 2023 - Laporan Adipati Opie - Rio. - 693 Views
Usaha ternak kambing yang ditekuni warga Magelangan, Kelurahan Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat.

MOMENTUM, Metro--Sektor peternakan saat ini dinilai sangat menjanjikan peningkatan perekonomian yang lebih baik. Hal tersebut dipercayai warga Magelangan, Kelurahan Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat usai membudidayakan kambing unggulan persilangan jenis dorper dan boer.

Kelompok ternak kambing Elbazi Farm merupakan besutan Ahmadi yang beralamatkan di RT 53 RW 10 saat ini telah mengembangkan sekitar 300 ekor kambing dan berhasil mencetak keturunan super yang nantinya menjadi perbaikan ekonomi bagi masyarakat.

Yuanis, 43 tahun, salah seorang pengelola Elbazi Farm mengatakan, minatnya untuk membudidayakan kambing dorper karena memiliki kualitas daging yang tinggi dan banyak peminat.

"Kambing dorper ini merupakan kambing asli asal Afrika, kami tertarik karena sifat unggulnya. Terlebih, kambing ini juga mudah beradaptasi dan pemeliharaannya juga cukup mudah," kata dia, Jumat (21-7-2023).

Dia menambahkan, selain memiliki kualitas daging yang tinggi, kambing jenis dorper ini juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

"Di luaran sana banyak sekali peminatnya, itu karena daging kambing dorper memiliki rasa lezat dan tekstur yang lembut serta menjanjikan pilihan yang populer di pasar daging," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Pembina Kelompok Ternak Elbazi Farm, Ahmadi mengatakan, dalam menciptakan kualitas kambing unggulan ini, pihaknya bersama rekan lainnya terus berinovasi meskipun harus jatuh bangun dalam pengembangbiakan.

"Peluang ini kami maksimalkan karena melihat lahan yang cukup di wilayah Magelangan untuk dimanfaatkan. Maka perlu keterampilan juga dalam pengembangbiakan, kami juga akan terus berinovasi," kata dia.

"Selain itu, penggunaan teknologi sangat penting dalam memanajemen peternakan seperti pemantauan kesehatan dan nutrisi secara real-time, serta pengaturan suhu dan kelembaban yang optimal di kandang, juga berkontribusi pada peningkatan produktivitas peternakan," lanjutnya.

Ahmadi menyebut, dengan adanya kambing dorper yang unggul dan inovasi yang terus berkembang dalam industri peternakan, masa depan industri peternakan menjadi semakin cerah.

"Potensi untuk meningkatkan produksi daging yang berkualitas tinggi, adaptasi terhadap kondisi lingkungan yang beragam, dan manajemen yang efisien memberikan harapan baru bagi para peternak dan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal," katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com