DPKD Waykanan Gelar Lomba Pidato Bahasa Lampung

Tanggal 25 Jul 2023 - Laporan Novita Sari - 443 Views
Jajaran DPKD Waykanan bersama para juara lomba pidato bahasa Lampung

MOMENTUM, Blambanganumpu--Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten WayKanan menggelar Lomba Pidato Bahasa Lampung dan  Story Telling atau bercerita tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Selasa (25-7-2023).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Waykanan Juanda mengatakan, lomba tersebut rangkaian kegiatan menyambut peringatan HUT Republik Indonesia tahun 2023.

"Penyelenggaraan lomba ini juga merupakan proses pembelajaran yang panjang, mengingat para peserta terlebih dulu telah mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari para guru  pendamping," kata Juanda.

Lomba tersebut juga bertujuan mengasah kemampun literasi para pelajar, sekaligus upaya pelestarian bahasa daerah Lampung.

"Saat ini bahasa Lampung semakin terpinggirkan, sebagian anak-anak muda kita malu menggunakan bahasa Lampung. Sedangkan itu adalah kekayaan budaya kita masyarakat Lampung yang sudah semestinya kita junjung tinggi. Karena itu, melalui lomba ini kita mengajak generasi muda membiasakan menggunakan bahasa Lampung," terangnya.

Keluar sebagai juara pertama lomba pidato berbahasa Lampung: SMPN 1 Baradatu, juara dua SMPN 1 Kasui dan SMPN 3 Negeriagung juara ketiga.

Sedangkan untuk tingkat SD, juara pertama diraih SDN 1 Ojolali, juara kedua SDN 2 Neringinjaya dan juara ketiga  SDN 1 Sidoarjo.(**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com