Belasan Pekon di Lambar Masih Berstatus Blank Spot Area

Tanggal 23 Agu 2023 - Laporan Sulemy - 376 Views
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Liwa--Dua belas pekon/desa pada lima kecamatan di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), hingga saat ini masih masuk kategori kawasan blank spot atau belum dapat mengakses layanan internet.

Pekon-pekon berstatus blank spot itu: Pekon Rigisjaya,  Sukajadi dan Sukadamai di Kecamatan Airhitam. Pekon Ujungrembun di Kecamatan Lumbokseminung, serta Pekon Pagardewam Batuapi, Pahayujaya, Sidodadi di Kecamatan Pagardewa.

Selanjutnya: Pekon Tebalookh dan Pekon Sukarami di Kecamatan Batubrak. Pemangku/Dusun Kubuperahu di Pekon Kubuperahu dan Pemangku Pematangliyuh Satu dan Pematangliyuh Tiga di Pekon Padangcahya, Kecamatan Balikbukit.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lambar Dadan Iskandar membenarkan masih adanya kawasan blankspot di daerah tersebut. Namun, pihaknya terus berupaya mengatasi permasalah tersebut dengan mengusulkan pembangunan pemancar signal atau menara telekomunikasi di kawasan-kawasan blank spot.

"Rencananya, tahun ini ada delapan lokasi blank spot yang akan disurvei untuk pembangunan menera telekomunikasi jaringan internet, melalui program non 3T dari Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata Dadan, Rabu (23-8-2023).

Delapan lokasi blanspot yang akan disurvei itu, antara lain: Pekon Rigisjaya, Sukajadi dan Sukadamai di Kecamatan Airhitam.

"Ada empat pekon yang tahun ini belum bisa disurvei karena belum mengusulkan. Sedangkan Pekon Ujungrembun juga Pekon Batuapi masih terkendala  belum adanya jaringan listrik PLN di lokasi," ungkapnya.

Di lokasi-lokasi yang belum ada jaringan listrik PLN, masyarakat masih mengandalkan turbin sebagai pembangkit listrik untuk sumber penerangan di malam hari.

Dia berharap, ada perusahan provider penyedia jasa layanan internet untuk berinvestasi mengatasi masalah blank spot di Kabupaten Lambar. 

"Mudah-mudahan juga ada provider yang berminat untuk investasi pembangun jaringan diwilayah yang masih menjadi blank spot," harapnya.

Selain itu, dia juga meminta aparat pekon proaktif melaporkan dan mengusulkan rencana pembangunan menara telekomunikasi, bila wilayah masuk area blank spot .

"Aparat pekon harus ikut andil, bila ada wilayahnya yang masih susah singnal segera melapor dan membuat usulan pembanguna jaringan," imbaunya. (lem) 

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com