Waykanan Siap Evaluasi Data Penerima Bansos

Tanggal 06 Sep 2023 - Laporan Novita Sari - 471 Views
Wakil Bupati Waykanan Ali Rahman mengikuti rakor dengan Kemensos secara virtual

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pemerintah Kabupaten Waykanan siap melakukan evaluasi dan perbaikan data penerima program bantuan sosial dari pemerintah pusat.

Kesiapan itu disampaikan Wakil Bupati Waykanan Ali Rahman usai mengikuti rapat koordinasi dengan Kementerian Sosial. Rapat membahas akurasi data penerima bansos itu berlangsung secara virtual itu, dipimpinan langsung Menteri Sosial Tri Rismaharini.

"Intinya, kita (Pemkab Waykanan) siap melakukan evaluasi dan perbaikan data penerima bantuan sosial tahun 2023, sebagaimana arahan menteri sosial dalam rakor tadi," kata Wabup Waykanan Ali Rahman, Selasa (5-9-2023).

Sebelumnya, dalam rakor tersebut Mensos Tri Rismaharini menjelaskan terkait alur data terpadu kesejahteraan sosial.

Dalam alur data tersebut dijelaskan, dinas sosial kabupaten/kota mengajukan usulan bansos. Selanjutnya, kemensos akan melakukan verifikasi untuk mengesahkan usulan tersebut.

"Pemerintah daerah harus mengevaluasi dan memperbaiki data-data penerima bantuan. Selanjutnya, pada akhir September akan dilihat perubahan data penerima bansos, bagi yang tidak layak, seperti ASN dan individu yang memiliki bantuan di atas UMK," kata mensos.

Hal senadan disampaikan Wakil Ketua KPK. Dia menyebut, bansos  merupakan sarana untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dan sifatnya sementara. Karena itu, pemerintah daerah harus benar-benar akurat dalam mengusulkan data penerima bantuan. Sehingga bantuan yang disalurkan benar-benar tepat sasaran. (**) 

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Selama Libur Lebaran, 3,5 Juta Wisawatan dari ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Di ...


Jembatan Way Sabuk Bakal Dibongkar, Kendaraan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jembatan Way Sabuk di Jalan Lintas Tenga ...


Cegah DBD, Polres Tubaba Fogging di Lingkunga ...

MOMENTUM, Panaragan--Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) mengerahk ...


Tubaba Bimtek Smart Village ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com