Pringsewu Bugekhok Festival Dihelat

Tanggal 13 Sep 2023 - Laporan Sulistiyo - 1744 Views
Seremoni pembukaan Pringsewu Bugekhok Festival tahun 2023

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bersama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  menggelar even festival budaya daerah.

Even bertajuk Pringsewu Bugekhok Festival itu dibuka Penjabat Bupati setempat Adi Erlansyah. Seremoni pembukaan berlangsung di halaman Pendopo Pringsewu, Selasa (12-902023) malam.

Seremoni pembukaan diawali mengarak tamu kehormatan dengan atraksi kesenian rebana dari Tugu Bambu Pringsewu menuju lokasi acara.   

"Pringsewu Bugekhok Festival ini adalah salah satu bentuk pelaksanaan Pekan Kebudayaan Daerah sebagai sarana pelestarian budaya yang menjadi warisan kearifan lokal," kata Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah.

Dia melanjutkan, pekan kebudayaan daerah merupakan tindak lanjut program pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam bentuk platform gotong royong kebudayaan atu platform Indonesiana.

Adi juga menyampaikan terima kasih kepada Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek atas dukungan yang diberikan, sehingga Kabupaten Pringsewu terpilih sebagai salah satu wilayah penyelenggara platform Indonesiana. 

"Semoga even ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai sarana penyampaian pesan pelestarian budaya kepada masyarakat Indonesia, khususnya di Kabupaten Pringsewu, harapnya.

Direktur Pusat Teknologi dan Layanan Kependidikan Kemendikbudristek Restu Gunawan mengatakan, sebelum di Pringsewu kegiatan Platform Indonesiana di Lampung 

sudah digelar di Kabupaten Tulangbawang Barat dan Kabupaten Lampung Barat . 

"Terima kasih kepada Pemkab Pringsewu yang sudah mau bergotongroyong menyelenggarakan event ini," kata Restu.

Menurut dia, kebudayaanadalah investasi. "Ini investasi. Saya ambil contoh event malam ini, berapa banyak menggerakkan ekonomi. Kalau even-even semacam ini sering dilakukan, tentu ekonomi di daerah akan tumbuh. Karena itu,even-even seperti ini harus diperbanyak," terangnya.

Selain para pejabat pemkab, pembukaan festival tersebut juga dihadiri jajaran forum komunikasi pimpinan daerah setempat. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Kontes Bonsai HUT Tubaba, Bonsai Serut dari B ...

MOMENTUM, Panaragan--Bonsai serut milik Supriyadi Alfian dari Ban ...


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com