Pilkakam Serentak, Petahana di Tritunggaljaya Tumbang

Tanggal 21 Sep 2023 - Laporan Abdul Rohman. - 868 Views
Penghitungan suara pilkakam di Tritunggaljaya, Banjaragung, Kabupaten Tulangbawang.

MOMENTUM, Banjaragung--Sejumlah kampung di Kabupaten Tulangbawang serentak menggelar pemilihan kepala kampung (pilkakam) pada Rabu (20-9-2023). Di Tritunggaljaya, Kecamatan Banjaragung, pilkakam berjalan tertib, lancar dan kondusif.

Pemilihan pemimpin kampung itu digelar di halaman balai kampung setempat dengan 10 bilik suara. "Dari total 6 RK di bagi tiga meja, masing-masing yang melayani warga yang memberikan hak suaranya," jelas ketua Panitia Pemilihan Kepala Kampung Tritunggaljaya, Aep Saepulah, kepada wartawan, Kamis (21-09-2023)

Menurut dia, pilkakam di kampungnya berjalan lancar tertib, lancar, dan kondusif. "Tentu, masih ada kekurangan panitia dalam melaksanakan pilkakam. Namun, secara umum, pemilihan kepala kampung berlangsung lancar dan tertib," katanya.

Dia menyebutkan kekurangan itu antara lain terjadinya antrean cukup lama bagi warga yang akan menggunakan hak pilihnya.  "Ini menjadi catatan, bagaimana ke depan menjadi lebih baik lagi," katanya

Lebih jauh Aep Saepulah menyebutkan, daftar pemilih tetap (DPT) di Tritunggaljaya berjumlah 4782 orang. Hadir 3755, tidak hadir 1027, tidak sah 41. Tingkat kehadirannya mencapai 79 persen.

"Berarti dari 100 persen pemilih yang hadir memberikan hak pilihnya 79%, tidak hadir 21%. Saya berharap masyarakat kedepannya jangan golput dalam menentukan calon pemimpin, karena kemajuan kampung terletak pada pemimpin yang di pilih langsung oleh Masyarakat," uajar Aep Saepulah.

Hasil Pilkakam Tritunggaljaya, yang diikuti lima calon, nomor urut 5 Tobing Aprizal memperoleh suara terbanyak 1757 (47%), petahana nomor urut 3 Nuryanto memperoleh suara 743 (20%), nomor urut 1 Jumadi, memperoleh suara 645 (17%),  nomor urut 4 Santoso, memperoleh suara 346 (9%), nomor urut 2 Muhammad Rasyidi memperoleh suara 223 (6%).

Pemenang pilkakam diharapkan dapat amanah melaksanakan tugasnya membangun kampung. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Besok, Arinal Daftar Penjaringan Cagub di PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaid ...


Maung dan Raung, KPU Lampung Kenalkan Maskot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


KPU Lampung Resmi Luncurkan Pilkada 2024, Mas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Peluang Hanan-Umar di Pilgub 2024, Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Umar Ahmad, politisi yang juga ketua Bap ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com