Plh Bupati Launching Penyaluran Bantuan Beras Pangan Nasional

Tanggal 26 Sep 2023 - Laporan Galih/Asdijal - 247 Views
Pelaksana harian (Plh) Bupati Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, melaunching penyaluran bantuan beras pangan nasional.

MOMENTUM, Pugung--Pelaksana harian (Plh) Bupati Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, melaunching penyaluran bantuan beras pangan nasional.

Kegiatan berlangsung di Gudang Bulog Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus, Selasa (26-9-2023).

Plh Bupati Hamid Heriansyah Lubis menyampikan, kebijakan bantuan sosial merupakan tindaklanjut dari arahan Bapak Presiden Joko Widodo kepada Badan Pangan Nasional.

Selanjutnya, Badan Pangan Nasional menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk bantuan pangan. Program itu dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

Bantuan Pangan Beras ini dengan rincian 10 kg per KPM perbulan dan diberikan untuk Bulan september sampai dengan Desember Tahun 2023. Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat kecil dalam menghadapi kebutuhan pangan terutama beras yang akhir-akhir ini harganya melonjak tinggi.

Pemerintah daerah meminta masyarakat untuk mengawasi termasuk dalam pengawasan baik dalam penyalurannya,  apabila dalam kemasan terdapat ada kerusakan atau tidak sesuai dalam beras bisa di tukar, terangnya.

Selanjutnya, agar dinas terkait bekerja sama dengan Camat dan kepala pekon, untuk fokus dalam penyaluran bantuan beras penerima manfaat. "Apa yang menjadi program menjaga ketersediaan untuk menjaga inflasi masyarakat, dan ikut untuk membantu mengawasi memfasilitasi supaya bantuan tersampaikan kepada masyarakat," tegasnya.

Selain itu, untuk menjaga kondusifitas dari penyaluran ini, dengan perangkat pekon dan jajaran, masyarakat harus ikut mengawasi harus melalui benar bagaimana cek kebutuhan beras yang disalurkan. Kepada seluruh jajaran untuk di publikasikan dan informasi bagi masyarakat, apabila masyarakat tidak menerima manfaat tolong di tanya kepada pemerintah daerah.

"Menjaga kondusifitas beras itu, kita mengambil informasi perlu pengawasan masyarakat didasari fakta yang benar sehingga masyarakat menerima sesuai dengan hak serta sesuai dengan data yang ada," ujarnya.

Kadis Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Catur Agus Dewanto mengatakan, penyaluran tahap kedua bantuan beras ini dilakukan di 20 kecamatan dan tiga kelurahan yang ada se Kabupaten Tanggamus.

Bantuan ini diberikan kepada penerima manfaat dari September sampai November, penerima manfaat menerima bantuan sebesar 10 kg beras.

Untuk kecamatan kecamatan lain akan segera disalurkan hari ini 26 sampai 30 September di kecamatan masing-masing kecuali 28 September 2023 ditiadakan karena libur Maulid Nabi. Titik bagi sebanyak 302 titik dapat dilakukan di balai pekon/balai kelurahan atau tempat yang ditentukan oleh pihak pekon/kelurahan.

Acara itu turut dihadiri Kadis Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Catur Agus Dewanto, Koordinator Satgas Bantuan Pangan Tanggamus Riki Febriyadi, Kadis Kominfo diwakili Kabid E - Gov Evi Yunianti, Kapolsek Pugung Ipda Ori Wiryadi, Camat Pugung Ahmad Yani, Camat Talang Padang Muhammad Amin, Uspika Kecamatan, Kepala Pekon, perwakilan Vendor Transporter.(**)

Berikut daftar lokasi penyaluran bantuan beras pangan nasional, yaitu:

1. Penyaluran Selasa (26-9-2023), di kecamatan Pugung dan Talangpadang dengan jumlah 137.090 kg.

2. Penyaluran 27 September 2023 untuk Kecamatan Ulubelu, Air Naningan, Pulau Panggung, Sumberejo, Cukuhbalak (empat pekon di Pulau Tabuan), Pematang Sawa (10 pekon, yaitu 8 Pekon di seberang laut ditambah Pekon Way Nipah dan Pesanguan), dengan jumlah 253.220 kg.

3. Penyaluran 29 September 2023, Kecamatan Gisting, Gunung Alip, Kotaagung Timur, Kotaagung, Kotaagung Barat, dan Semaka, dengan jumlah total 219.750 kg.

4. Penyaluran 30 September 2023, untuk Kecamatan Bulok, Limau, Cukuhbalak (lanjutan daratan), Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Bandar Negri Semuong, Wonosobo, dan Pematang Sawa (lanjutan), dengan jumlah 199.470 kg.

Total penyaluran di akhir September 2023 akan berjumlah 809.530 kg dari target 758.630 kg atau 106,7 persen.

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com