Pj Bupati Lantik Pengurus TP-PKK dan Dekranasda Tanggamus

Tanggal 13 Okt 2023 - Laporan Galih/Asdijal - 261 Views
Penjabat (Pj) Bupati Mulyadi Irsan melantik pengurus Tim Penggerak PKK (TP-PKK) dan Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus masa bakti 2023-2024.

MOMENTUM, Kotaagung--Penjabat (Pj) Bupati Mulyadi Irsan melantik pengurus Tim Penggerak PKK (TP-PKK) dan Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus masa bakti 2023-2024.

Pelantikan berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanggamus, Jumat, 13 Oktober 2023.

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, Ketua TP-PKK sekaligus ketua Dekranasda yang baru dilantik drg. Hellen Veranica Mulyadi, M.Kes, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tanggamus Nur'ani Lubis, Kepala Kemenag Kabupaten Tanggamus, para Kepala OPD Kabupaten Tanggamus.

Pj Bupati Mulyadi Irsan mengatakan, TP-PKK harus bisa memperdayakan keluarga yang ada di Tanggamus. Karena keluarga merupakan skup terkecil dari masyarakat dan harus diperdayakan untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Jadi tidak serta merta PKK ini sekumpulan ibu-ibu mengisi waktu kosong saja," kata Pj bupati.

Dia berharap, pengurus TP-PKK yang baru dilantik memiliki kepedulian lebih terhadap keluarga dan kelompoknya.

"Masyarakat di Tanggamus ingin adanya perubahan karena kerap kali disebut miskin," katanya. Pj Bupati Mulyadi mengatakan, untuk saat ini di Kabupaten Tanggamus masih terdapat ketimpangan terkait kemiskinan. 

"Jadi memang ada yang berkecukupan dan masih ada yang hidup di garis kemiskinan," jelasnya. 

Pemkab Tanggamus akan melakukan penanggulangan tersebut secara masif dengan melibatkan TP PKK.

Mulyadi Irsan juga meminta kepada TP PKK Tanggamus untuk memiliki target dalam kegiatannya. Sehingga TP PKK Tanggamus memiliki daya guna kepada masyarakat di wilayah itu. 

"TP PKK Tanggamus ini harus fokus dan memiliki target sebagai bagian dari pemerintah sebagai tranformasi pembangunan dalam isu kemiskinan," ujar dia.

Dalam pelantikan tersebut, Pj Bupati Mulyadi Irsan meminta Dekranasda agar menjadi jembatan antara pengrajin dengan informasi. 

"Apa saja kendalanya seperti keterbatasan modal, tidak punya pengetahuan, dan kurang maksimal dalam produksi," ucap Mulyadi Irsan

Tak hanya itu, dia juga meminta Dekranasda Tanggamus harus memfokuskan diri dalam peningkatan kerajinan. "Pengurus baru harus maknai Dekranasda itu apa yaitu kerajinan dan itu harus difokuskan," kata dia. 

Hellen Veranica Mulyadi, Ketua TP PKK Tanggamus mengatakan, 40 orang yang di lantik tersebut terdiri dari sekertaris, bendahara, dan ketua bidang sampai dengan ketua pokja. 

"Dari 40 orang itu terdiri dari 37 orang perempuan dan 3 orang laki-laki," kata Hellen Veranica. 

Dia menambahkan, TP PKK Tanggamus adalah organisasi kemasyarakatan yang ikut turun dalam pembangunan mendorong pembangunan daerah. 

TP PKK ini juga, bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan keluar yang sejahtera.

Selain itu, tujuan dari tim TP PKK ini juga untuk memajukan keluarga, mandiri, serta untuk membangun potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

"Dekranasda Tanggamus juga berusaha untuk meningkatkan kehidupan pelaku bisnis," kata dia. 

Hal itu dikarenakan, pelaku bisnis pengrajin berasal dari Usaha Kecil dan Menengah (UKM) atau koprasi di tingkat Kabupaten Tanggamus. 

Hellen selaku Ketua Dekranasda Tanggamus berharap, seluruh pengurus dapat berkontribusi untuk menjalankan program yang ada. 

Dengan begitu kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanggamus bisa terwujud.

Diketahui, pelantikan Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus dalam Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor: B.323/PKK/2023. Selanjutnya, pelantikan Ketua Dekranasda Kabupaten Tanggamus berdasarkan Surat Keputusan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Nomor: 08/DEKRANASDA/SK/X/2023.

Pengurus TP PKK Tanggamus yang resmi dilantik 40 orang dan Pengurus DEKRANASDA 32 orang.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com