Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pringsewu

Tanggal 29 Okt 2023 - Laporan Sulistiyo - 1420 Views
Peserta Festival Kuda Kepang tahun 2023 di Kabupaten Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari lima kecamatan di Kabupaten Pringsewu, ambil bagian dalam Festival Kesenian Kuda Kepang 2023.

Agenda memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 95 tahun itu berlangsung di Lapangan Juang, Pekon/Desa Pringombo, kecamatan Pringsewu, Sabtu (28-10-2023). 

Grup Kesenian Kuda Kepang peserta festival tersebut berasal dari: Kecamatan Pagelaran, Ambarawa, Banyumas, Sukoharjo dan Kecamatan Pringsewu .

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat membuka festival tersebut mengatakan, kesenian kuda kepang merupakan warisan leluhur yang perlu terus dilestarikan. 

"Kita patut bersyukur, banyak kesenian tradisional masih tetap eksis di Kabupaten Pringsewu. Salah satunya Kuda Kepang. Mudah-mudahan melalui festival ini, dapat semakin menambah semangat masyarakat, khsusnya generasi muda untuk melestarikan kesenian dan kearifan lokal di Kabupaten Pringsewu," harapnya.

Dia menerangkan,  Undang-Undang Nomor:5 tahun 2017 mengamanatkan, negara berkewajiban memajukan kebudayaan di tengah peradaban dunia dan menjadikan kebudayaan sebagai investasi untuk kemajuan dan peradaban bangsa. 

"Kesenian kuda kepang ini selain sarat dengan nilai seni kearifan lokal, juga ada ritual di dalamnya. Ini tentu sebuah kekayaan budaya yang wajib kita lestarikan," terangnya.

Rismanto panitia festival tersebut mengatakan,  selain memeriahkan Hari Sumpah Pemuda, Festival Kuda Kepang  juga sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya bangsa.

"Festival kuda kepang tahunan ini cukup diminati peserta. Semoga bisa terus kita gelar setiap tahun sebagai upaya melestarikan warisan budaya," harapnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Kontes Bonsai HUT Tubaba, Bonsai Serut dari B ...

MOMENTUM, Panaragan--Bonsai serut milik Supriyadi Alfian dari Ban ...


Artc Corner, Studio Lukis yang Menawarkan Art ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kabar gembira bagi pecinta seni di Banda ...


Puluhan Grup Nyambai Bertarung di Pesagi Cult ...

MOMENTUM, Liwa -- Puluhan grup nyambai bertarung dalam Pesagi Cul ...


Belasan Grup Ikut Festival Kuda Kepang di Pri ...

MOMENTUM, Pringsewu--Sedikitnya 15 grup kesenian kuda kepang dari ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com