Dinas Perpustakaan Pringsewu Sosialisasi Kearsipan

Tanggal 14 Nov 2023 - Laporan Joko Sulistyo. - 229 Views
Dispusip Kabupaten Pringsewu gelar sosialisasi kearsipan.

MOMENTUM, Pringsewu -- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Daerah Kabupaten Pringsewu menggelar sosialisasi kearsipan, 14-16 November 2023.

Sosialisasi diikuti 150 peserta terdiri dari para pegawai pengelola kearsipan, administator dan kepala perangkat daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispusip Pringsewu, Titik Puji Lestari mengatakan, sosialisasi menghadirkan narasumber dari Diskominfo dan Dispusip Pringsewu. 

Tujuannya, para pejabat terkait dapat mengumpulkan informasi dan mengarsipkannya, terutama informasi yang berisi kegiatan di organsasi pemerintahan masing-masing.

Menurut dia, berbagai data dan keterangan mengenai pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan merupakan bukti yang autentik dan harus diarsipkan dengan baik dan hati-hati.

Titik Puji Lestari menambahkan, untuk pertama di Provinsi Lampung, Kabupaten Pringsewu memiliki aplikasi Srikandi untuk mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yang merupakan kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementrian Pan-RB, Kementrian Kominfo dan BSSN,"imbuhnya.

Sementara Asisten Bidang Administrasi Setdakab Pringsewu Hasan Basri saat membuka agenda itu mengharapkan kepada peserta agar dapat mengikuti seluruh kegiatan secara serius dan konsisten yang nantinya dapat diterapkan pada Perangkat Daerah masing-masing.

Pengelolaan arsip yang profesional, kata dia, akan menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan penyelamatan bahan pertanggung jawaban pemerintah daerah.

Yakni sebagai bagian pertanggung jawaban nasional tentang perencanaan, pelaksanaan, penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, serta menyediakan bahan pertanggung jawaban tersebut bagi kegiatan Pemerintah Daerah. 

"Maka tata kelola kearsipan wajib dipahami oleh seluruh Perangkat Daerah, karena tata kelola yang baik dan inovatif sangatlah penting dalam mewujudkan pelayanan publik,"pintanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com