Dinas PUPR Sosialisasi Rencana Tata Ruang Wilayah

Tanggal 17 Nov 2023 - Laporan Joko Sulistyo. - 257 Views
Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pringsewu secara bergilir di seluruh kecamatan menyosialisasikan Perda Nomor 1 tahun 2023 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2023-2043.

MOMENTUM, Pringsewu -- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pringsewu menyosialisasikan tentang rencana tata ruang wilayah secara bergilir ke seluruh kecamatan di Pringsewu.

Rencana tata ruang wilayah itu tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pringsewu Nomor 1 Tahun 2023 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2023-2043.

Pada Jumat, 17 November 2023, sosialisasis dilakukan kepada masyarkat Kecamatan Gadingrejo. Menurut Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas PUPR Anjarwati, sosialisasi diikuti perangkat kecamatan hingga desa. Dengan narasumber, Pauri Yanto dari perwakilan BPN Kabupaten Pringsewu.

Sementara Asisten Ekbang Setdakab Pringsewu Maskur Hasan mewakil Penjabat Bupati Adi Erlansyah saat membuka acara itu mengatakan perda tersebut menjadi payung hukum dalam penyelenggaraan penataan ruang.

"RTRW ini memiliki implikasi besar terhadap perkembangan pembangunan di Kabupaten Pringsewu," ujarnya.

Maskur menuturkan, sosialisasi diharapkan membuka pemahaman semua pihak terkait RTRW Kabupaten Pringsewu terutama dalam proses pemanfaatan ruang di Kabupaten Pringsewu. 

Dia berharap semoga ke depan informasi tersebut bisa menjadi acuan dan bahan pertimbangan dalam memberikan kesesuaian kegiatan pemanfatan ruang dalam rangka kemudahan berinvestasi.

Penyusunan program prioritas di masing-masing perangkat daerah adalah sebagai dasar arahan pengendalian ruang."Hal itu demi mewujudkan Kabupaten Pringsewu sebagai pusat pengembangan perekonomian wilayah yang maju dan berwawasan lingkungan dengan sektor basis pertanian didukung oleh sumber daya manusia yang berdaya saing," imbuhnya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pemprov Gelar Halal Bihalal Bersama Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Angka Stunting di Tiga Kabupaten Masih Tinggi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Angka stunting di tiga kabupaten masih c ...


Terkesan Mandek, Panitia Pemekaran DOB Natara ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Daerah Otonomi Baru (D ...


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com