Pringsewu Sosialisasi P3DN

Tanggal 29 Nov 2023 - Laporan - 212 Views
Pj Bupati Pringsewu bersama jajaran Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian serta peserta sosialisasi P3DN

MOMENTUM, Pringsewu--Para pelaku usah mikro kecil dan menengah (UMKM) diimbau mendaftarkan produk usahanya untuk mendapatkan Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Imbaun itu disampaikan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat membuka Sosialisasi Optimalisasi Pertumbuhan Industri Lokal melalui Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), yang diikuti 80 pelaku UMKM. Sosialisasi yang diselenggarakan Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pringsewu itu, berlangsung di Aula Rumah Makan Radja Pindang Resto, Gadingrejo, Selasa (29-11-2023).

"Dengan memiliki sertifikat TKDN, secara tidak langsung akan memperbesar peluang pelaku UMKM untuk memanfaatkan berbagai insentif yang disediakan dan menyerap potensi anggaran pengadaan barang dan jasa pemerintah," kata Adi Erlansyah.

Dia menjelaskan, program P3DN merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat mencintai dan menggunakan produk dalam negeri.

"P3DN juga bertujuan memberdayakan industri dalam negeri dengan mengoptimalkan produk dalam negeri pada pengadaan barang dan jasa pemerintah," terangnya.

Pj Bupati Pringsewu berharap, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan fasiltas yang sudah disediakan oleh pemerintah, guna meningkatkan perekonomian daerah dan penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran.

"Sosialisasi ini bentuk upaya dan kepedulian Pemkab Pringsewu untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM dalam pemanfaatan aplikasi e-katalog yang telah disediakan pemerintah," jelasnya.

Selain itu juga sebagai upaya memberikan pemahaman dalam  memanfaatkan aplikasi e-katalog untuk meningkatkan daya saing pelaku UMKM. "Dengan aplikasi e-katalog, seluruh aspek perekonomian di Pringsewu akan meningkat dan memperbaiki taraf hidup masyarakat,” harapnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Tujuh Tungku Peleburan PT San Xiong Tidak Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


Warga Kalirejo Protes Soal Jalan Rusak, Dinas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Warga Desa Poncowarno, Kecamatan Kalirej ...


Moeldoko dan Mercu Bio-Tech Malaysia Berkunju ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesi ...


Aktivitas Produksi PT San Xiong Steel Dihenti ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com