Polres Mesuji Siap Amankan Pemilu 2024

Tanggal 12 Des 2023 - Laporan Arifin - 317 Views
Aparat Polres Mesuji bersama KPU saat menandatangani Nota Kesepakatan pengamanan Pemilu 2024.

MOMENTUM, Mesuji--Polres Mesuji siap melakukan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

Kesiapan itu dipertegas dalam penandatanganan nota kesepakatan antara Polres dan KPU Mesuji di aula Desa Brabasan, Kecamatan Tanjungraya, Selasa 12-12-2023

Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto mengatakan, ada beberapa perjanjian kerjasama antara Polri dan KPU di tingkat pusat-kabupaten/kota dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 yaitu pertukaran dan pemanfaatan data atau informasi.

Adapun bantuan pengamanan yang terdiri dari penegakan hukum, perumusan peraturan teknis, peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya manusia, pemanfaatan sarana dan prasarana serta bidang lain yang disepakati.

"Tercatat dalam undang-undang Pemilu, amanat untuk pengamanan adalah wewenang Polri, diantaranya pengamanan terhadap KPU meliputi personel, aset maupun logistik seperti produksi, distribusi dan penggudangan," terang Kapolres.

Amanat dari pimpinan Polri telah menekankan kepada jajarannya untuk tetap menjaga netralitas dan sinergitas dengan penyelenggara pemilu.

Termasuk keamanan logistik Pemilu sebagai tanggung jawab bersama dan agar diantisipasi. Mengingat saat ini musim penghujan, jangan sampai terjadi kerusakan khususnya surat suara. 

"Harapan kita bahwa Pemilu Tahun 2024 menjadi Pemilu yang lebih baik. Dan kita sepakat selalu menjaga persatuan dan kesatuan mencegah polarisasi serta membawa visi misi Indonesia jauh lebih baik khususnya di Kabupaten Mesuji," ungkapnya. 

Ketua KPU Kabupaten Mesuji Ali Yasir, S.T, menuturkan, KPU secara teknis sudah menentukan jadwal kampanye, lokasi pemasangan APK dan saat ini sedang menyusun jadwal kampanye rapat umum. 

"Kita akan menindaklanjuti kerjasama dalam setiap tahapan Pemilu terkait pengamanan pada setiap tahapan," ucap Ali Yasir.

Menurut dia, semenjak Kabupaten berdiri, sinergitas KPU, Bawaslu, Kejaksaan dan Kepolisian tetap berjalan baik dan berharap berlangsung continue/berkelanjutan. 

"KPU Kabupaten Mesuji sudah menyusun jadwal packing surat suara yang melibatkan unsur PPK, dengan tujuan meminimalisir tertukarnya surat suara," jelasnya.

Agenda tersebut dihadiri, Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto, S.H., S.I.K., CPHR, Ketua KPUD Kabupaten Mesuji Ali Yasir, S.T, Kabag Ops Polres Mesuji AKP Iwan Dharmawan, S.H., M.H, Kasat Intelkam Polres Mesuji IPTU Asiadi Wasito, S.H, Komisioner KPUD Kabupaten Mesuji Sururi Abdillah, S.E, Komisioner KPU Majeha S.Pd, Sekertaris KPU Iklas Setia, S.Pd, Kanit I Sat Intelkam Anjas Subeki, Personil Pam Kantor KPU, Personil Polres Mesuji dan Para Sekretariat KPU Kabupaten Mesuji.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pilkada Tulangbawang, Edison Jelaskan Alasan ...

MOMENTUM, Menggala--Partai Golkar Kabupaten Tulangbawang akan ber ...


Dihadiri Mr.Jono Joni, Besok Relawan Mirzania ...

MOMENTUM, Bandarlampung --  Relawan pendukung Calon Gubernur ...


Bawaslu Tingkatkan Pengawasan Penyusunan Daft ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) ...


Eva vs Reihana Bertarung Sengit di Bandarlamp ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengamat politik dari FISIP Universitas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com