Cuaca Buruk, Pelabuhan Bakauheni-Merak Ditutup

Tanggal 01 Des 2017 - Laporan - 3363 Views
Kendaraan yang sudah masuk kapal di Pelabuhan Bakauheni. Foto Boby

Harianmomentum.com--Pelayanan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan-Merak, Banten, ditutup sementara, dikarenakan cuaca buruk dan gelombang yang cukup tinggi di perairan Selat Sunda mencapai 4 - 5 meter dan kecepatan angin 45 knots.

Berdasarkan data yang dihimpun, keberangkatan kapal rool on – rool off (Ro-ro)) di Pelabuhan Bakauheni di tunda pemberangkatan sejak pukul 18.00 WIB, Kamis (30/11).

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Anton Murdianto mengatakan, keberangkatan kapal untuk sementara di tunda, karena lintasan kapal yang ada di Selat Sunda sedang tidak memungkinkan diakibatkan cuaca sangat ekstrem.

“Kapal tidak bisa berlayar, karena kecepatan angin mencapai 45 knots, dan tinggi gelombang mencapai 4-5 Meter,” kata Anton.

Lebih lanjut Anton mengatakan, dengan cuaca seperti ini dan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, kapal tidak bisa dipaksakan untuk berlayar. Bahkan ada kendaraan fuso traler yang terbalik di KMP Titian Murni.

“Untuk keberangkatan calon penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Jawa tujuan pelabuhan Merak, melihat kondisi gelombang laut dan kecepatan angin sudah normal, kapal akan di berangkatkan dan Pelabuhan Bakauheni akan di buka kembali lagi,” ujar Anton.

Anton juga menegaskan, bagi penumpang yang sudah membeli tiket, tidak perlu takut kalau tiket yang sudah dibeli tersebut tidak berlaku karena ditundanya keberangkatan.

"Bagi pengguna jasa penyebrangan ASDP yang sudah membeli tiket boleh dikembalikan tergantung dengan penguna jasa sendiri. Tiket yang sudah dibeli tidak ada batas waktunya selama cuaca buruk," pungkas Anton.

Pantauan Harianmomentum hinggga Jumat (1/12) pagi, cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang besar masih terjadi di sekitar perairan pesisir pantai Kalianda hingga Bakauheni.
(bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pekon Waluyojati Gelar Pelatihan Konten Kreat ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Pekon Waluyojati, Kecamatan Pring ...


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com