Bawaslu Pringsewu Rekrut 1.209 Pengawas TPS

Tanggal 07 Jan 2024 - Laporan Sulistyo - 237 Views
Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu Suprondi.

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pringsewu membutuhkan 1.209 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk sembilan kecamatan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Bawaslu Pringsewu telah melakukan penerimaan Pengawas TPS sejak 2--6 Januari 2024 melalui sembilan Panwaslu kecamatan se-kabupaten setempat.

Pada pendaftaran itu terdapat 1.528 pendaftar, terdiri 943 laki-laki dan 585 perempuan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pringsewu Suprondi menjelaskan langkah perekrutan Pengawas TPS itu sejalan dengan Keputusan Ketua Bawaslu Nomor: 504/Kp.01/K1/12/2023 yang menetapkan Petunjuk Teknis Pembentukan dan Penggantian Antar Waktu Pengawas Tempat Pemungutan Suara.

Menurut dia, terkait rekrutmen Pengawas TPS itu Bawaslu juga telah mensosialisasikan sejak 19 Desember 2023 lalu. "Kami sudah mensosialisasikan tentang perekrutan Pengawas TPS berikut sosialisasi berbagai tahapannya," jelasnya, Minggu (7-1-2024).

Suprondi menuturkan, dari catatan itu masih ada dua kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftar Pengawas TPS yakni Kecamatan Banyumas dan Pagelaran Utara.

"Khusus pendaftar Pengawas TPS khusus di Kecamatan Banyumas dan Pagelaran Utara karena belum memenuhi kebutuhan, maka Bawaslu kembali membuka perpanjangan penerimaan berkas pendaftaran pada 7 hingga 8 Januari 2024," terangnya.

Dia menerangkan, untuk kecamatan lainnya malah pendaftar cukup banyak hingga melebihi kebutuhan, maka akan dilakukan seleksi sesuai dengan tahapan dan prosedur yang telah ditetapkan.

Ketua Bawaslu Pringsewu juga mengapresi partisipasi dan antusiasme masyarakat dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024. "Dengan kerjasama yang baik, maka diharapkan dapat terbentuk tim Pengawas TPS yang berkualitas untuk memastikan proses pemungutan suara berjalan dengan transparan, adil, dan akuntabel," harapnya.

Suprondi menambahkan, tahapan selanjutnya yakni pengumuman lulus administrasi dan tanggapan serta masukan masyarakat, lalu tes wawancara. "Selanjutnya  penetapan calon terpilih dan pelantikan Pengawas TPS pada 22 Januari mendatang," imbuhnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Besok, Arinal Daftar Penjaringan Cagub di PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaid ...


Maung dan Raung, KPU Lampung Kenalkan Maskot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


KPU Lampung Resmi Luncurkan Pilkada 2024, Mas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Peluang Hanan-Umar di Pilgub 2024, Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Umar Ahmad, politisi yang juga ketua Bap ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com