KPU Pringsewu Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Tanggal 31 Jan 2024 - Laporan Sulistyo - 246 Views
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

MOMENTUM, Pringsewu--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Simulasi berlangsung di Balai Pekon/Desa Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu pada Rabu (31-1-2024).

Petugas KPPS di TPS setempat memeragakan proses pemungutan dan perhitungan suara dengan disaksikan oleh PPS, PPK dan jajaran KPU Kabupaten Pringsewu. Nampak pula hadir pihak Polres, TNI, Bawaslu dan Pemkab setempat.

Ketua KPU Kabupaten Pringsewu, Sofyan Akbar Budiman menjelaskan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilakukan sebagai panduan bagi pemilih agar bisa mendapatkan informasi yang utuh terkait alur proses menunaikan hak pilih di TPS.

Selain itu, kata dia, sebagai penyelenggara Pemilu khususnya PPK dan PPS. "Kegiatan simulasi ini menjadi pedoman bagi mereka untuk memberikan bimtek terkait proses pemungutan dan penghitungan suara kepada KPPS dan tugasnya masing-masing," jelasnya.

Sofyan Akbar Budiman menuturkan, pada simulasi pemungutan dan penghitungan suara yang dilaksanakan guna mematangkan dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Menurut dia, simulasi tersebut secara real seperti pada pelaksanaan pada hari H yang akan dilakukan pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS. "Semoga dari simulasi ini kita mengetahui tahapan pelaksanaan saat pemungutan dan penghitungan sehingga tidak ada persoalan dan semua petugas KPPS memahami semua terkait pemungutan suara pada 14 Februari mendatang,” ujarya.

Ketua KPU Kabupaten Pringsewu menambahkan,  penyelenggaran Simulasi Pemantapan Pemungutan dan Tungsura Pemilu 2024 itu mengacu pada instruksi KPU RI. "Kita mempedomani surat KPU RI Nomor 37-PL 018 LD/05/2024 agar melaksanakan kembali simulasi pemungutan dan penghitungan suara dan penggunaan sirekap dalam rangka persiapan Pemilu serentak 2024," terangnya.

Di samping itu simulasi digunakan untuk mengukur waktu dan memperbaiki hasil evaluasi di simulasi sebelumnya. "Melalui simulasi tersebut juga dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 yang dijadwalkan pada 14 Februari mendatang," harap Sofyan.

Terkait simulasi tersebut, pihak Polres Pringsewu melakukan langkah proaktif dengan mengikuti dan mengamankan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya diwakilkan Kasi Humas Iptu Priyono menegaskan bahwa pentingnya peran Polri dalam menjaga keamanan selama proses pemilu, baik itu dalam tahap pemungutan maupun penghitungan suara. 

"Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap warga dapat menggunakan hak pilihnya secara bebas dan tanpa tekanan apapun," ujarnya.

Dalam simulasi ini, semua tahapan pemilu dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Mulai dari pembukaan TPS hingga penghitungan suara, semuanya diawasi dengan ketat oleh petugas yang bertugas, termasuk anggota Polres Pringsewu.

Kasi Humas berharap masyarakat semakin yakin bahwa Pemilu 2024 akan berjalan dengan lancar dan adil di Kabupaten Pringsewu. “Polres Pringsewu tentunya mendukung proses demokrasi yang sedang berlangsung ini dan juga akan memastikan keamanan selama tahapan pemilu berlangsung," imbuhnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Besok, Arinal Daftar Penjaringan Cagub di PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur Lampung Arinal Djunaid ...


Maung dan Raung, KPU Lampung Kenalkan Maskot ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


KPU Lampung Resmi Luncurkan Pilkada 2024, Mas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Peluang Hanan-Umar di Pilgub 2024, Umar Ahmad ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Umar Ahmad, politisi yang juga ketua Bap ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com