TKPKD Terus Lakukan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

Tanggal 15 Feb 2024 - Laporan Endri. - 199 Views
Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Lampung Selatan. Foto. Ist.

MOMENTUM, Kalianda-- Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Lampung Selatan terus berupaya melakukan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin dalam rapat koordinasi di Aula Rimau, Kantor Bappeda Lampung Selatan, Kamis (15-2-2024).

Menurut Thamrin, kegiatan itu dapat menciptakan sinergi dan komitmen dalam memberikan perlindungan, kesempatan, dan kesejahteraan kepada penyandang disabilitas.

“Komitmen itu bisa kita mulai dengan memberikan pelayanan dasar seperti pendidikan, kesehatan, pelayanan publik, dan kesempatan bekerja,” ujarnya.

Dia mengatakan, melalui forum tersebut diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat dalam memberikan masukan kepada pemerintah, perihal kegiatan pembangunan nasional dan daerah yang memihak kepada penyandang disabilitas.

“Rekan-rekan difabel harus optimistis dan terus berkarya. Kekurangan bukan hambatan dan halangan untuk berprestasi dalam pembangunan,” kata Thamrin.

Adapun kegiatan rapat koordinasi tersebut merupakan inisiasi Bappeda Lampung Selatan bersama program Tangguh Siap, kerja sama antara perkumpulan Paluma Nusantara, ASB, BMZ, Kemendagri, Pemerintah Provinsi Lampung, dan Pemkab Lampung Selatan.

Umi Azizah, Project Manager Program Tangguh Siap menuturkan, tujuan kerja sama tersebut dilakukan guna mendorong inisiasi terlaksananya Forum Tematik Disabilitas sebagai bagian dari pemenuhan hak partisipasi penyandang disabilitas dalam pembangunan.

“Melalui inisiatif Forum Tematik Penyandang Disabilitas, diharapkan akan terjadi peningkatan yang signifikan atas partisipasi mereka dalam proses pembangunan nasional,” tutur Umi Azizah. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com