Ngupi Bebakhong, Pj Bupati: Harga Sejumlah Sembako di Lampung Barat Melonjak

Tanggal 19 Feb 2024 - Laporan Sulemy Wahyu. - 157 Views
Pertemuan mingguan, ngupi bebakhong di Pemkab Lampung Barat.

MOMENTUM, Liwa --  Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman memimpin pertemuan mingguan yang dikenal dengan ngupi bebakhong atau coffe morning pada Senin, 19 Februari 2024. Pertemuan berlangsung di Aula Kagungan Setdakab setempat. 

Kegiatan yang menjadi wadah bagi pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat untuk melakukan evaluasi dan rencana kerja itu, diikuti Asisten Bidang Administrasi Umum Ismet Inoni, kepala perangkat daerah, staf ahli bupati dan jajaran staf pemerintah setempat.

Pada kesempatan tersebut, Nukman mengungkap hasil hasil inspeksi mendadak di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit pada Jumat 16 Februari 2024. Ditemukan, beberapa jenis sembilan bahan pokok atau sembako mengalami lonjakan harga.

Menurutnya, lonjakan harga yang tinggi tentu akan membebani dan mengurangi daya beli masyarakat, terutama dari kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Oleh karena itu, Pemkab Lambar bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menggelar operasi pasar.

"Berdasarkan hasil pantauan bersama Pak Kapolres AKBP Ryky W. Muharam, kemarin terdapat beberapa jenis sembako mengalami lonjakan harganya. Operasi pasar akan digelar untuk membantu masyarakat," tuturnya.

Disebutkan, operasi pasar akan dilakukan di lima lokasi pada Selasa 20 Februari hingga 5 Maret 2024 mendatang. Komoditas yang disiapkan berupa beras, gula, minyak goreng dan terigu.

Operasi pasar akan dimulai dari Pasar Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau pada Selasa 20 Februari 2024. Dilanjutkan di Pasar Seblat Kecamatan Sukau 22 Februari 2024, dan Pasar Senin Fajarbulan Kecamatan Waytenong 26 Februari 2024, jelasnya.

Kemudian Pasar Simpangluas Kecamatan Batuketulis 29 Februari 2024 lalu Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit 5 Maret 2024.

Pj Bupati Lampung Barat berharap, pasar murah tersebut dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Lampung Barat Maidar menuturkan terkait jumlah logistik yang akan didistribusikan dalam operasi pasar tersebut belum dapat dipastikan.

"Hari ini kita akan melakukan rapat terlebih dahulu kepada pihak Bulog terkait jumlah yang akan kita distribusikan dalam operasi pasar nanti," katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com