DPRD Lambar Ajak Seluruh Instansi Tuntaskan Konflik Harimau dan Manusia

Tanggal 23 Feb 2024 - Laporan Sulemy - 215 Views
Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial

MOMENTUM, Lampung Barat--Dalam sebulan terakhir, konflik binatang buas Harimau Sumatera dan manusia telah menelan dua korban di Kabupaten Lampung Barat (Lambar). Hal itu pun menjadi perhatian serius semua pemangku kebijakan diwilayah setempat.

Termasuk, Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial yang meminta seluruh intansi untuk bersama-sama menangani permasalahan tersebut.

"Konflik antara harimau dan manusia yang sudah menyebabkan tewasnya dua warga Lampung Barat di Pekon Sumber Agung Kecamatan Suoh dan Pekon Bumi Hantatai Kecamatan Bandar Negeri Suoh harus segera ditangani," katanya, Kamis (23-2-2024) malam.

Pihaknya tidak menampik dua lokasi terjadinya konfik manusia dengan binatang buas itu berbatasan langsung dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang memang manjadi habitat Harimau Sumatera. Meski demikian, pihaknya menginginkan ada langkah-langkah kongkrit semua pemangku kebijakan dalam mengurai permasalahan itu sehingga tidak kembali tarjadi konflik antara manusia dan binatang buas.

"Permasalahan konflik dengan penguasa hutan ini agar dapat segera diselesaikan demi terciptanya rasa aman terhadap masyarakat," ungkapnya.

"Saya menghimbau kepada pemerintah daerah agar terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BKSDA dan BBTNBBS dan Forkopimda untuk mencarikan solusi atas permasalahan ini jangan sampai timbul korban baru dimasyarakat," sambungnya.

Dengan kondisi yang belum teratasi hingga kinni, pihaknya menghimbau masyarakat untuk sementara membatasi aktifitas dikebun terutama dijam-jam rawan seperti sore dan malam hari. Meskipun harus beraktifitas diharapkan tidak sendirian melainkan ada teman yang bisa saling mengawasi dan menjaga satu sama lain. 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com