Geser PDIP, Gerindra Pimpin Perolehan Kursi DPRD Lampung

Tanggal 21 Mar 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto. - 235 Views
Bendahara DPD Gerindra Lampung, Elly Wahyuni. Foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemilihan umum (pemilu) 2024, Partai Gerindra menggeser PDI Perjuangan dalam perolehan kursi di DPRD Provinsi Lampung.

Dari 85 kursi di DPRD Provinsi Lampung, Gerindra memperoleh 16 kursi. Sementara PDIP 13 kursi. Disusul PKB dan Golkar masing- masing 11 kursi, Partai Nasdem 10 kursi, Demokrat 9 kursi, PAN 8 kursi, serta PKS 7 kursi.

Perolehan kursi Gerindra di DPRD Lampung itu, meningkat atau bertambah lima kursi dari periode sebelumnya yang berjumlah 11 kursi.

Menurut Bendahara DPD Gerindra Lampung Elly Wahyuni, yang diraih partainya itu belum sesuai dengan target. Yaitu, setiap daerah pemilihan (dapil) mendapat tambahan satu kursi atau petahana plus satu.

"Target Partai Gerindra, alhamdulillah hampir tercapai. Dari 11 kursi menjadi 16 kursi (DPRD Lampung). Sementara targetnya, incumbent (petahana) plus satu (di setiap daerah pemilihan atau dapil)," katanya, Rabu (20-3-2024).

Elly menyampaikan apresiasi kepada seluruh kader Gerindra atas kerjasama dan perjuangannya dalam pemilu 2024, yang menurutnya, merupakan konstestasi yang luar baisa dan melelahkan. 

"Hampir seluruh provinsi menyatakan kalau pileg 2024 adalah pileg yang paling luar biasa. Luar biasa melelahkan," ungkapnya.

Menurutnya, hal itu lantaran sistem pemilu yang saat ini digunakan yakni, proporsional terbuka.

"Mungkin ini akibat sistem terbuka," katanya.  Perjuangan anggota dewan petahana menyerap aspirasi masyarakat, sosisalisasi perda, pembinaan idologi Pancasila, dan reses selama lima tahun, dinilai belum maksimal. Buktinya, banyak petahana yang tidak kembali terpilih sebagai wakil rakyat. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Dewi Handajani 'Pinang' PKB Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus--Dewi Handajani mengambil formulir pendaftara ...


Ketua KNPI Lampung Daftar Calwakot Lewat PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Tokoh Pemuda yang juga Ketua KNPI Lampun ...


Banjir Dukungan, Ardito Wijaya Mantap Maju Pi ...

MOMENTUM, Karangendah--Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai K ...


Pekan Ini, Sidang Sengketa Pileg untuk Lampun ...

MOMENTUM, Bamdarlampung--Sidang sengketa untuk pemilihan legislat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com