Hadapi Idul Fitri, Pj Bupati Pimpin Rapat Forkopimda

Tanggal 26 Mar 2024 - Laporan Sulemy Wahyu. - 159 Views
Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat, Nukman bersama unsur forkopimda dan pejabat setempat. Foto. Ist,

MOMENTUM, Liwa -- Penjabat (Pj) Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman memimpin rapat koordinasi forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dalam rangka persiapan menghadapi Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Rapat berlangsung di Ruang Pesagi Kantor Pemkab Lambar, Selasa (26-3-2024). Diikuti Sekretaris Daerah (Sekda), Adi Utama, asisten, staf ahli bupati, kepala perangkat daerah, camat, perwakilan FKUB dan instansi vertikal.

Pj Bupati Lampung Barat Nukman mengatakan, April 2024 memasuki hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Semua pihak diminta melakukan persiapan dengan maksimal agar pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menurut Nukman, momen hari Raya Idul Fitri merupakan hari yang dinantikan setiap tahun oleh lapisan masyarakat khususnya umat Muslim.

Sementara, menjelang hari raya, banyak kemungkinan masalah yang akan terjadi. Seperti peningkatan permintaan kebutuhan pokok, peningkatan harga, potensi kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, jelasnya.

"Peningkatan kebutuhan layanan transportasi, potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta lokasi berpotensi rawan bencana," lanjutnya.

Nukman mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan kerja sama dan sinergi guna mengantisipasi persoalan pada Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Ia juga meminta seluruh pihak yang terlibat untuk terus melakukan upaya-upaya dalam bidang pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

"Kita perlu memonitor harga, ketersediaan barang, dan kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat, memastikan ketersediaan stok BBM, gas elpigi, dan listrik," tuturnya.

"Mengawasi makanan dan minuman yang terindikasi mengandung bahan zat kimia berbahaya, melakukan pemantauan dan koordinasi terhadap daerah-daerah rawan konflik baik konflik sosial, konflik agama, maupun konflik antar manusia dengan satwa liar jenis harimau," lanjutnya.

Selain itu, tidak kalah penting adalah mempersiapkan bidang transportasi dan perhubungan. "Karena pada saat bersamaan selain momen idul fitri juga terjadi budaya mudik dan sekura bisa dipastikan akan terjadi kemacetan," katanya.

Nukman meminta instansi terkait menanggulangi hal tersebut dan memastikan ketersediaan armada angkutan darat untuk mengantisipasi kenaikan permintaan.

Selain itu, ia meminta pembangunan posko pada titik tempat istirahat para pemudik, sebagai titik pusat informasi seputar kepadatan dan keamanan serta ketertiban di jalur mudik hingga melayani pemeriksaan kesehatan para pemudik.

"Untuk mengantisipasi jalur yang rawan bencana alam, siapkan alat berat dan langkah-langkah penanganan pada saat terjadi dan pasca terjadinya bencana alam," ujarnya.

Sementara Kapolres Lampung Barat AKBP Riki Widiya Muharom mengatakan siap menjalin sinergiritas dengan pihak terkait dalam menjalankan pengamanan Idul Fitri.

"Rencananya, akan melaksanakan operasi ketupat pada tanggak 4 sampai 16 April 2024," tuturnya.

Riki juga mengimbau masyarakat maupun pemudik agar selalu menaati peraturan lalulintas. "Jaga keselamatan dan keamanan selama mudik," tutupnya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Lepas Kirab Marching Band, Gubernur: Berkreas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Lampung Dr (HC) Ir. Arinal Djun ...


Galang Dukungan Persiapan Pemekaran Kabupaten ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Panitia Persiapan Pemekaran Daerah Otono ...


Pringsewu Mulai Terapkan TP2DD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintahan Kabupaten Pringsewu mulai mener ...


Lomba Desa, Dua Pekon Siap Wakili Pringsewu d ...

MOMENTUM, Gadingrejo--Pekon (Desa) Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com