Desa Kuripan Salurkan BLT DD untuk 25 Keluarga

Tanggal 05 Apr 2024 - Laporan Endri. - 212 Views
Pemdes Kuripan Salurkan BLT DD, Suhatsyah : Mudah-mudahan Bermanfaat Untuk Belanja Kebutuhan. Foto. Ist

MOMENTUM, Penengahan--Pemerintah Desa Kuripan Kecamatan Penengahan Lampung Selatan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dana desa (DD) tahap 1 tahun anggaran 2024, Kamis (4- -4-2024)

Pembagian BLT berlangsung di Balai Desa Kuripan. Dihadiri Sekretaris Kecamatan Penengahan Hermawanto, Kepala Desa Kuripan, Sukhatsyah; Babinsa Riwadi, Bhabinkamtipmas Bripka Krisna dan Pendamping Desa Haryono, aparat desa setempat.

BLT DD Desa Kuripan pada tahun 2024 disalurkan kepada 25 keluarga penerima manfaat (KPM). Nilainya, Rp300 ribu/bulan. "Kebetulan kita masih bisa menyalurkan sebanyak 25 KPM. Penyaluran untuk bulan januari sampai maret 2024, jadi setiap KPM mendapat  Rp900 ribu," kata Suhatsyah.

Bantuan ini diberikan pada warga yang tidak mendapat bantuan seperti PKH, BPNT atau sejenisnya. Untuk itu, Pemerintah Desa Kuripan berharap warga penerima manfaat bisa menggunakan bantuan ini untuk kebutuhan keluarga menjelang Idhulfitri 1445 Hijriah tahun 2024. "Mudah-mudah bermanfaat untuk belanja kebutuhan pokok keluarga,"harapnya.

Suhatsyah bersyukur, pihaknya bisa menyalurkan bantuan tersebut dengan jumlah maksimal. Kerena, jika dilihat dengan desa lain yang ada di kecamatan setempat, tidak semua mencapai jumlah maksimal. 

"Kita masih bisa menyalurkan BLT ini dengan jumlah maksimal, masih bisa 25 KPM. Kalau desa lain hanya sekedarnya saja, artinya di bawah jumlah kita,"urainya

Di sisi lain, Pemerintah Desa Kekiling Kecamatan Penengahan Lamsel, BLT DD tahun 2024 hanya menyalurkan 10 persen dari tolal dana desa. "Dari hasil musdus lalu, kami menyapakati penyaluran BLT DD ini hanya untuk 10 KPM saja. Karena bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat miskin ekstrim, dalam arti masyarakat yang belum mendapatkan bantuan lain, seperti PKH, BPNT dan lainnya,"jelas Kepala Desa Kekiling, Andi Saputra via telepone seluler, Kamis 4 april 2024.

Prihal Bantuan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lampung Selatan, Erdiyansyah membenarkan bahwa batas maksimal penyaluran BLT DD tahun 2024 yakni sebesar 25 persen dari jumlah total dana desa. "Jumlah maksimal penyalurannya 25 persen dari dana desa, kalau batas minimalnya tidak di tentukan," jelas Erdi via telepon seluler, Kamis 4 april 2024.

Mantan Camat Penengahan ini menegaskan penyaluran BLT DD hanya untuk masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan. "Penyalurannya hanya untuk masyarakat dibawah garis kemiskinan atau miskin ektrim. Dan tidak boleh kalau diluar ketentuan,"tegasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


Wahdi Ajak Jaga Kerukunan ...

MOMENTUM, Metro--Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mengimbau masya ...


Puluhan Hektare Tanaman Padi di Mesuji Teranc ...

MOMENTUM, Mesuji--Puluhan hektare tanaman padi di Desa Sidangkurn ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com