Demokrat Siapkan 20 Kader di Pilgub 2024, Edy Irawan sebagai Cawagub Lampung

Tanggal 16 Apr 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiyanto. - 118 Views
Ilustrasi. Foto. Ist.

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrat (PD) menyiapkan 20 kader pada Pilkada 2024 di sejumlah provinsi di Indonesia. Kader tersebut untuk menjadi bakal calon gubernur (bacagub) dan bakal calon wakil gubernur (bacawagub).

"Berdasarkan beberapa hasil survei pilgub menyangkut ketokohan, popularitas, dan elektabilitas serta menimbang jumlah kursi DPRD provinsi hasil Pileg 2024 plus kemampuan penting lainnya, Partai Demokrat mempersiapkan tujuh kader utama sebagai bacagub pilkada serentak November 2024," kata Ketua Bappilu Demokrat Andi Arief, Selasa (16-4-2024).

Berikut ketujuh kader PD tersebut: 

1. Kalimantan Utara (Kaltara), saudara Yansen TP, ketua DPD Demokrat dan saat ini sebagai wakil gubernur.

2. Kalimantan Tengah (Kalteng), saudara Nadalsyah, ketua DPD Demokrat yang juga Bupati Barito Utara 2 periode dan caleg RI  terpilih 2024.

3. Sulawesi Tengah (Sulteng), Saudara Anwar Hafid, ketua DPD Demokrat, anggota DPR tiga periode yang juga mantan Bupati Morowali 2 periode.

4. Sulawesi Barat, saudara Suhardi Duka, ketua DPD Demokrat, anggota DPR 2 periode dan mantan bupati mamuju 2 periode.

5. Sulawesi Utara (Sulut), Elly Engelbert lasut, ketua DPD Demokrat yang juga Bupati Talaud 3 periode dan mantan ketua dprd talaud.

6. Papua Barat Daya, Abdul Faris Umliati, ketua dpd demokrat yang juga bupati raja ampat 2 periode.

7. Riau M. Nasir, pengusaha dan anggota DPR Demokrat 3 periode.

Selain itu, Partai Demokrat juga menyiapkan 13 kader untuk maju sebagai bacawagub. 

1. Jawa Timur saudara Emil Dardak, ketua DPD Demokrat yang juga mantan Bupati Trenggalek dan Wakil Gubernur berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa.

2. Jawa Tengah, saudara Rinto Surbekti, ketua DPD Demokrat dan anggota DPR 2 periode.

3. Jawa Barat, 1. Anton Soeratto, ketua DPD Demokrat dan anggota DPR 3 periode. 2.Herman Khaeron, kepala BPOKK yang juga anggota DPR 4 periode. 3 Cellica Nurrahdania, Bupati Karawang 2 periode, anggota DPR terpilih pileg 2024 dan mantan anggota DPRD provinsi.

4. Banten,  1. Iti Jayabaya, putri dari mantan Bupati Lebak, kini sebagai  ketua DPD Demokrat, Bupati Lebak 2 periode dan mantan anggota DPR RI. 2. Rizki Natakusumah, generasi milineal anggota DPR 2 periode, putra Bupati Pandeglang. 3. Arief Rachadiano Wismansyah, walikota tangerang 2 periode

5. Lampung, Edy Irawan Arief, akademisi senior,  ketua DPD Demokrat, mantan anggota DPRD provinsi.

6. Sumsel, 1.Cik Ujang, ketua DPD Demokrat dan Bupati Lahat. 2. Harnojoyo, mantan ketua DPC Demokrat, Walikota Palembang 2 periode.

7. Jambi, Mashuri, ketua DPD Demokrat yang juga Bupati Bungo.

8. Aceh, Muslim, ketua DPD demokrat, anggota DPR 3 periode.

"Untuk delapan provinsi ini, Bacawagub harus memastikan dapat mendampingi Bacagub yang sangat berpotensi menang. Adapun propinsi lainnya masih dalam pemantauan    pemetaan pilgubnya," kata Andi.

Terhadap nama Ketua DPD Demokrat Lampung Edy Irawan Arief masuk bacawagub, Ketua Bappilu Partai Demokrat Lampung Hanifal mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi kepada partai politik lain.

"Ini kan sudah kita ketahui bersama. Sebelumnya memang beberapa kader Demokrat Lampung ditugaskan untuk maju pada percaturan pilkada 2024. Salah satunya, ketua Edy Irawan. Setelah melihat situasi dan kondisi hasil pileg, DPP melakukan survei dan berkesimpulan bahwa di Lampung Bapak Edy Irawan ditugaskan sebagai cawagub," tutur Hanifal.

"Jadi, saat ini kami sedang melakukan komunikasi yang lebih intens dengan beberapa partai, yang memang sebelumnya memang sudah dibangun," imbuhnya.

Dia menyebut, DPC Demokrat se-Lampung juga mendukung dengan tugas yang diberikan kepada Edy Irawan Arief.

"Kita juga sudah menyiapkan di struktur partai, kesiapan diakar rumput juga sudah," ucapnya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Dewi Handajani 'Pinang' PKB Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus--Dewi Handajani mengambil formulir pendaftara ...


Ketua KNPI Lampung Daftar Calwakot Lewat PAN ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Tokoh Pemuda yang juga Ketua KNPI Lampun ...


Banjir Dukungan, Ardito Wijaya Mantap Maju Pi ...

MOMENTUM, Karangendah--Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai K ...


Pekan Ini, Sidang Sengketa Pileg untuk Lampun ...

MOMENTUM, Bamdarlampung--Sidang sengketa untuk pemilihan legislat ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com