Bawaslu Mesuji Lantik 21 Anggota Panwascam

Tanggal 27 Mei 2024 - Laporan Arifin. - 227 Views
Bawaslu Mesuji melantik 21 anggota panwascam di aula Desa Berasanmakmur, Kecamatan Tanjungraya. Foto. Ist.

MOMENTUM, Mesuji -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji melantik 21 anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) di aula Desa Berasanmakmur, Kecamatan Tanjungraya, Sabtu, 25 Mei 2024.

Pelantikan dan ikrar sumpah janji diucapkan secara hikmat. Ketua Bawaslu Mesuji Deden Cahyono mengatakan, panwascam merupakan tangan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan pilkada serentak 2024. 

Pengawasan Pemilu bukan hanya tugas Bawaslu, melainkan tugas bersama yang memerlukan sosialisasi, peningkatan pengawasan di semua area, kolaborasi dengan pemangku kepentingan, dan pendidikan politik kepada masyarakat secara umum," terang Deden. 

Di samping itu, perlu pembuatan peta rawan, keterlibatan stakeholder setempat, dan penanganan dugaan pelanggaran dengan prioritas pada upaya awal. 

"Membuat peta kerawanan untuk mengidentifikasi berbagai kendala/masalah setiap daerah, melibatkan pemangku kepentingan, dan memberikan prioritas pada penanganan pelanggaran dalam konteks pemilu," tuturnya. 

Penyelenggaraan Pilkada 2024 ini, integritas panwascam menjadi sangat krusial. Setiap anggota wajib memiliki tanggung jawab untuk memastikan setiap tahapan pilkada berjalan sesuai dengan regulasi dan undang-undang.

Ke-21 anggota panwascam di tujuh kecamatan, diminta tetap mengawasi, mengontrol dan mencegah pelanggaran, menegakkan demokrasi dan melaporkan bila ada temuan – temuan yang di duga terjadi pelanggaran.

Pihaknya menegaskan komitmen untuk memastikan pengawasan yang transparan, partisipatif, dan efektif dalam menjaga integritas dan keadilan dalam proses pemilihan umum di Kabupaten Mesuji", jelasnya.  

Turut hadir Polres Mesuji, Kodim 0426 Tulang Bawang, Kemenag Mesuji, Disdukcapil Mesuji, Kabid PPUD Pol PP Kabupaten Mesuji. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


KPU Tulangbawang Sosialisasi Tahapan Pencalon ...

MOMENTUM, Banjaragung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulangbawang m ...


Hamartoni Ditugaskan PDIP Maju Pilbup Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (P ...


Usai Gerindra, Giliran PDIP Beri Surat Tugas ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demorkasi Indonesia Perjuangan (P ...


Gerindra Rekomendasi Saleh Asnawi - Agus Sura ...

MOMENTUM, Tanggamus--Partai Gerindra memberikan rekomendasi kepad ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com