Cegah Rabies, Dinkes Mesuji Sediakan 50 Vial Vaksin

Tanggal 18 Jun 2024 - Laporan Arifin - 221 Views
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji Kusnandar saat melihat vaksin rabies, Selasa (18-6-2024).

MOMENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji menyediakan 50 vial vaksin rabies guna mencegah penyebaran penyakit akibat gigitan hewan liar/peliharaan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Kusnandar mengatakan, Jumat, 7 Juni 2024, pihaknya menerima puluhan vaksin rabies dari Dinkes Provinsi Lampung. 

"Vaksin rabies ini nantinya, akan diserahkan ke sejumlah Puskesmas di Kabupaten Mesuji," kata dia, Selasa (18-6-2024). 

Kadis menyebutkan, salah satu pasien terpapar rabies akibat gigitan kucing peliharaan pekan lalu, sudah ditangani oleh petugas medis. "Alhamdulillah pasien yang mengalami gigitan kucing sudah kami berikan vaksin rabies," ujar dia. 

Dia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, jika terkena gigitan hewan liar/ peliharaan segera hubungi Puskesmas terdekat. "Demi pencegahan akan segera diberikan vaksin rabies secara gratis," terang Kusnandar. 

Dia menjelaskan, Penyakit rabies sendiri adalah gangguan yang menyebabkan infeksi serius dan seringkali fatal. Gangguan ini rentan terjadi disebabkan oleh gigitan hewan.

Vaksin rabies diberikan untuk memberikan pencegahan terhadap penyakit ini. Tindakan pencegahan ini mampu merangsang tubuh untuk membentuk antibodi, sehingga dapat melawan virus rabies yang masuk ke tubuh. Antibodi bisa terbentuk setelah 7-10 hari hingga membentuk perlindungan yang utuh.

Untuk manusia, pemberian vaksin ini perlu dilakukan pada seseorang yang memiliki hewan peliharaan dan bekerja di sekitar hewan. Hal ini mampu menurunkan risiko terserang penyakit rabies dan berbagai komplikasi berbahaya bahkan kematian", pungkasnya (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Wonodadi Utara Bangun Talud Penahan Tanah den ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintahan Pekon Wonodadi Utara, Kecamat ...


Andika Mahesa Meriahkan Pesta Rakyat HUT Lamb ...

MOMENTUM, Liwa--Ribuan masyarakat memadati Lapangan Indrapati Cak ...


Pj Bupati Lepas Jalan Sehat HUT ke-33 Lambar ...

MOMENTUM, Liwa--Pj Bupati Lampung Barat (Lambar) Nukman melepas p ...


Diduga Korban Harimau, Warga Lambar Ditemukan ...

MOMENTUM, Liwa--Warga Kecamatan Suoh kembali digegekan penemuan m ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com