Diskoperin Ungkap Capaian UMKM dan Program Metro Bangga Beli

Tanggal 26 Jun 2024 - Laporan Adipati Opie - Rio. - 319 Views
Kepala Diskoperin Kota Metro, Siti Aisyah. Foto. Opie.

MOMENTUM, Metro--Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian (Diskoperin) Kota Metro, Siti Aisyah menyebut capaian UMKM dan program Metro Bangga Beli (MB2) dinilai berjalan baik. 

Siti menjelaskan, data awal dari Desember 2021, jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Metro berjumlah 14 ribu pelaku UMKM. 

"Kemudian, untuk pada kepemimpinan pak Wahdi dan pak Qomaru di bulan Desember 2023, jumlah pelaku UMKM di Kota Metro bertambah menjadi 19.790," kata Siti, Rabu (26-5-2024). 

Dia mengungkapkan, untuk program besutan  Walikota Wahdi dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kota setempat, Silfia Naharani yaitu Metro Bangga Beli (MB2), capaiannya, baik. 

"Program Metro Bangga Beli ini diinisiasi oleh pihak kedua, yang dasarnya adalah dari masyarakat untuk masyarakat. Kegiatan ini di fasilitasi oleh pemerintah. Di program MB2 ini, masyarakat Metro bisa memproduksi barang-barang kreativitas mereka baik itu berupa makanan, cinderamata dan lain sebagainya. Setelah produk mereka ini selesai dibuat, mereka nanti bisa mengenalkan kepada masyarakat Kota Metro," ungkapnya. 

Dia menjelaskan, program MB2 ini bukan hanya di slogan saja. Namun, sudah dibarengi dengan Peraturan Walikota (Perwali). 

"Jadi, perwali dari walikota itu mengharuskan setiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Metro pada hari Jumat, harus memakai pakaian batik yang dibuat oleh pengrajin-pengrajin di Kota Metro. Sedangkan untuk di lembaga vertikal, kami membuat surat edaran untuk memakai batik tersebut," jelasnya. 

Selain itu, Siti menyampaikan, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bidang UMKM, setiap ada kegiatan pemerintah di luar kantor, pak wali dan Ketua Dekranasda Metro selalu meminta agar para pelaku UMKM di Kota Metro untuk membuka Bazar. 

"Jadi, setiap ada kegiatan-kegiatan, pak wali dan Ketua Dekranasda Metro selalu meminta agar pelaku UMKM untuk membuka Bazar. Alhamdulillah, para pelaku UMKM menyambutnya dengan baik. Kemudian, untuk hasilnya juga signifikan (meningkat). Di tengah-tengah pandemi kemarin, yang mampu bertahan alhamdulillah UMKM," ujarnya. 

Siti menuturkan, seperti yang telah dijelaskan tadi, ada juga beberapa kegiatan capaian yang lainnya, seperti kegiatan yang mendasar yang ada di Bank Lampung dan Bank Syariah Indonesia (BSI). 

"Kegiatan tersebut berupa capaian-capaian perekonomian kerakyatan yang tidak hanya dalam satu titik, tapi tersebar di seluruh Kota Metro. Seperti pasar segar, Payungi," ucapnya. 

Kemudian, ia mengatakan, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara pendamping. Seperti pelatihan pembuatan kain tapis. 

"Kegiatan pendampingan itu adalah berupa kegiatan pelatihan. Karena, pak wali dan buk wali itu, ketika kegiatan kami ada kegiatan seperti kegiatan pelatihan, itu harus dibarengi dengan bantuan peralatan. Bantuan peralatan itu, bukan bantuan peralatan yang besar-besar, tapi memang bantuan itu yang mendasar," tambahnya.

"Artinya, ketika kita membuat seperti pelatihan membuat kain tapis, itu peralatannya kita berikan ke mereka. Setelah pelatihan itu selesai, kita tetap melakukan pendampingan dengan cara mengunjungi mereka untuk melihat hasil daripada kreativitas yang mereka buat. Selain itu, untuk para pelatihnya juga, dalam mengajar tidak meminta bayaran, khusus sesama masyarakat Kota Metro," imbuhnya. 

Siti mengungkapkan, untuk memasarkan kain tapis yang telah siap untuk dijual. Pihaknya telah melakukan kerjasama dengan pihak swasta untuk memasarkan produk tersebut. 

"Untuk proses pemasaran kain tapis tersebut, kita sudah melakukan MoU dengan Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Delfan, PB Swalayan, dan Chandra," katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


PTPN VI Regional 7 KSO Latih Petani Sawit Eks ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 58 petani sawit mengikuti in ho ...


Otto Fitriandy Jadi Kepala OJK Lampung, Ganti ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Otto Fitriandy diangkat menjadi Kepala ...


PTPN I Regional 7: Tidak Ada Kebijakan Pembag ...

MOMENTUM, Bandarlampung  -- Manajemen PTPN I Regional 7 mene ...


Diskoperin Ungkap Capaian UMKM dan Program Me ...

MOMENTUM, Metro--Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com