Antisipasi Wabah Deftri, Dinkes Lampura Bentuk TKD

Tanggal 14 Des 2017 - Laporan - 1141 Views
Kepadal Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara Maya Mestisa memberikan keterangan pers terkait wabah deftri.

Harianmomentum.com--Wabah penyakit deftri yang menjangkit di sejumlah provinsi, bahkan statusnya ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB), membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) bertindak cepat  mengambil langkah antisiapasi.  

 

Langkah antisipasi itu dilakukan Dinas Kesehatan Lampura dengan membentuk Tim Kewaspadaan Dini (TKD). Kepala Dinkes Lampura Maya Mestisa mengatakan, tim tersebut telah dibentuk dari tingkat kabupaten (dinas) hingga puskesmas.

 

“Tim yang telah kita bentuk ini, akan melaksanakan tugas sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan untuk menangani kasus suspek defteri," kata Maya pada harianmomentum.com di sela acara penerimaan dokter spesialis anak yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mayjen.Ryacudu, Kamis  (14/12).

 

Menurut dia, tugas TKD tidak hanya fokus pada upaya pencegahan dan penanganan defteri. Lebih dari itu, tim tersebut juga akan melakukan antisipasi dan penanganan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

 

"Untuk vaksin defteri (DPT) kita sudah terima kiriman dari pusat, hanya saja penggunaannya saat ditemukan? kasus defteri. Vaksin pencegahan dan imunisasi dasar tetap dilaksanakan," terangnya.

 

Di tempat sama, pelaksana tugas Direktur RSUD Ryacudu, dr. Syah Indra Husada menyatakan, hingga saat ini di Lampura belum ditemukan kasus defteri. 

 

"Alhamdulillah sampai saat ini Lampura masih aman dari wabah defteri yang disebabkan bakteri corinebacterium diptheriae. Mudah-mudahan jangan sampai ada," kata Syah Indra.

 

Umy Rachmawati dokter spesialis anak RSUD Mayjen Ryacudu menerangkan, penyakit defteri umumnya menyerang anak-anak dengan gejala: demam tinggi, batuk dan pembengkakkan kelenjar getah bening  pada  leher. 

 

"Ya kita harus waspada, jika terdapat gejala tersebut, harus segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan," imbaunya. (ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com