Bupati Lamsel Terima Satya Lencana Wira Karya

Tanggal 30 Jun 2024 - Laporan Alpandi - 118 Views
Bupati Lamsel Nanang Ermanto dan Ketua TP PKK Winarni Nanang (paling kanan) menerima anugerah Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo

MOMENTUM, Semarang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak PKK  Winarni Nanang Ermanto menjadi satu-satunya wakil provinsi di Sumatera yang menerima anugerah tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesi Joko Widodo.

Anugerah tanda kehormatan tersebut diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional ke 31 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Sabtu 29 Juni 2024.

Selain Nanang dan Winarni, anugerah tanda kehormatan Satyalanca Wira Karya juga diberikan kepada Bupati Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat Musyafirin, Walikota Makasar Provinsi Sulawesi Selatan  Mohammad Ramdhan Pomanto dan Ketua STKIP PGRI Pacitan, Provinsi Jawa Timur Dr. Mukodi, M.Si. 

Satyalancana Wira Karya diberikan kepada Bupati Lamsel Nanang Ermanto karena dinilai berperan aktif dalam bidang pembangunan kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana).

Dalam bidang Bangga Kencana tersebut, terdapat program edukasi dan konseling kesehatan remaja yang melibatkan tenaga konselor dari kalangan pemuda, serta didukung program bantuan perumahan swadaya masyarakat Lamsel (BAPERSAMA LAMSEL), berupa bantuan rumah layak huni bagi keluarga pra sejahtera beresiko stunting sehingga meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga.

Sedangkan, Satyalancana Wira Karya diberikan kepada Kepada Ketua TP PKK Lamsel Winarni karena berperan aktif dalam bidang Bangga Kencana. Winarni dinilai berhasil menekan stunting melalui inovasi Swasembada Pangan dalam bentuk program Pemenuhan Gizi Keluarga Melalui Pekarangan (PEGI KE MERANG).

Kemudian ada juga bantuan Kandang, Kebun dan Kolam (K3) sebagai upaya pemenuhan kebutuhan gizi keluarga yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan. Sehingga membantu ketahanan pangan warga dan berkontribusi terhadap penurunan stunting di Kabupaten Lamsel.

Diketahui, progres penurunan stunting di Kabupaten Lamsel sangat signifikan. Prevalensi kasus stunting dari 30 persen di tahun 2020 turun menjadi 9,9 persen di tahun 2022. Pada tahun 2024, target angka stunting di Kabupaten Lamsel berada di bawah 5 persen

Bupati Lamsel Nanang Ermanto mengatakan, penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan kolaborasi yang baik seluruh jajaran  Pemkab Lamsel dalam melaksanakan program pembangunan keluarga dan penurunan stunting.

“Alhamdulillah, ini hasil kerja dari seluruh jajaran. Semoga ini bisa menjadi pemacu semangat dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Lampung Selatan menjadi zero stunting,” kata Nanang.

Meski demikian, menurut Nanang, kerja keras dalam pembangunan keluarga, kependudukan, penurunan stunting serta bidang-bidang lainya bukan semata untuk mengejar penghargaan.

"Diraih atau tidaknya suatu penghargaan, bukan yang utama. Kewajiban kita adalah terus melakukan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang kedepan harus terus semakin lebih baik lagi," terangnya.

Puncak peringatan Harganas tersebut juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Hasto Wardoyo, serta kepala daerah gubernur, bupati/walikota se-Indonesia. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Usulan IJD Belum Ada Kepastian, Pj Gubernur: ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Empat OPD di Metro Terima Penghargaan SAKIP ...

MOMENTUM, Metro--Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingk ...


Disdikbud Metro Gencarkan Program Ayo Sekolah ...

MOMENTUM, Metro--Ayo Sekolah menjadi salah satu program unggulan ...


Perbaiki Infrastruktur, Dinas BMBK Mulai Liba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BM ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com