Pemkab Pringsewu Dukung Pengembangan Sistem Hydroponic

Tanggal 24 Jul 2024 - Laporan Sulistiyo - 253 Views
Pj Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan meninjau usaha budidaya pertanian sistem hydroponic di Kecamatan Pagelaran Utara

MOMENTUM, Pagelaran--Bidang pertanian menjadi salah satu prioritas utama program kerja Pemerintah Kabupaten Pringsewu. Terlebih, kabupaten tersebut memang di kenal sebagai salah satu daerah lumbung pangan di Provinsi Lampung.

Terkait hal tersebut, Pemkab Pringsewu berkomitmen mendukung pengembangan sistem pertanian hydroponic yang dilakukan masyarakat.

Komitmen tersebut disampaikan Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan saat meninjau usaha budidaya pertanian sistem hydroponic milik Sugito warga Pekon (Desa) Margosari, Kecamatan Pagelaran Utara, Rabu (24-7-2024).

"Budidaya pertanian sistem hydroponic terbukti dapat menghasilkan produk tanaman sayur  yang baik, seperti komodite selada dan seledri, bahkan buah melon," kata Marindo. 

Karena itu, lanjut dia, pemkab akan terus mendukung upaya pengembangan budidaya pertanian sistem hydroponic. "Sistem hydroponic ini tidak memerlukan lahan yang luas. Perawatan tanamanya juga lebih mudah. Jadi bisa dilakukan di pekerangan rumah. Hasil justru lebih bagus dan tentu punya nilai ekonomi yang tinggi," terangnya.

Hal senada disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kabupaten Ikhsan Hendrawan. Dia mengapresasi usaha pengembangan pertanian hydroponic yang dialakukan Sugito.

"Ini terbukti turut memberdayakan masyarakat sekitar sekaligus membuka peluang kerja baru. Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh sekaligus motivasi untuk warga lainya. Pemkab Pringsewu pasti akan mendukung," kata Ikhsan.

Sugito pemilik usaha budidaya pertaina hydroponic itu menyatakan siap membantu masyarakat yang ingin mempelajari teknis penarapan sistem budidaya tersebut.  

"Kami tidak muluk-muluk, hanya minta dukungan pemerintah. Sehingga kami bisa lebih bagus lagi dalam mengembangkan usaha ini," kata Sugito. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Populasi Hewan Penular Rabies di Lampung Menc ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Populasi hewan penular rabies di Lampung ...


Samsudin Janji Pembangunan RSH Diselesaikan T ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pembangunan Rumah Sakit Hewan (RSH) Lamp ...


Lelang Kepala Sekolah Batal Dibuka Pekan Ini ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ide Penjabat (Pj) Gubernur Samsudin untu ...


Lambar Bagikan Seragam Gratis untuk Siswa Bar ...

MOMENTUM, Liwa -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com