Presiden Resmikan Sistem Penyediaan Air Minum Bandarlampung

Tanggal 26 Agu 2024 - Laporan Harian Momentum. - 248 Views
Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Lampung Samsudin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan SPAM Bandarlampung. Foto. Ist.

MOMENTUM, Tegineneng--Presiden Joko Widodo alias Jokowi meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandarlampung di Kecamatan Tegineneng Lampung Selatan, Senin 26 Agustus 2024.

Pada peresmian itu, Jokowi didampingi Penjabat Gubernur Lampung Samsudin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson, dan Direktur Utama Waskita Karya Muhammad Hanugroho.

Jokowi mengatakan, SPAM Kota Bandarlampung ini merupakan salah satu proyek startegis nasional yang sudah dikerjakan sejak 2020 untuk memenuhi ketersediaan air bersih khususnya air bersih rumah tangga. 

SPAM Bandarlampung dibangun dengan anggaran Rp.1,38 triliun  dan dapat melayani kebutuhan air bersih dengan kapasitas 60 ribu rumah tangga. 

"Saya melihat tadi airnya sangat bersih, dan disampaikan tadi oleh bu Dirjen katanya airnya lebih bagus lebih bersih dari air kemasan, karena  

NTU (Nephelometric Turbidity Unit) nya 0,278 padahal standar dari Kemenkes itu 3, kalau air kemasan itu 0,8 jadi lebih bagus," ucapnya.

Untuk diketahui NTU (Nephelometric Turbidity Unit) adalah pengukuran umum untuk air keran dan merupakan batasan peraturan umum untuk kualitas air minum. 

"Saya titip bu walikota, pak bupati agar sambungan ke rumah tangga betul-betul didorong, agar semakin banyak rumah tangga kita yang memiliki sambungan dari SPAM yang kita bangun ini " pesan Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi menekan tombol sirine dan menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya SPAM Kota Bandar Lampung. 

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung saya nyatakan diresmikan," katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Populasi Hewan Penular Rabies di Lampung Menc ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Populasi hewan penular rabies di Lampung ...


Samsudin Janji Pembangunan RSH Diselesaikan T ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pembangunan Rumah Sakit Hewan (RSH) Lamp ...


Lelang Kepala Sekolah Batal Dibuka Pekan Ini ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ide Penjabat (Pj) Gubernur Samsudin untu ...


Lambar Bagikan Seragam Gratis untuk Siswa Bar ...

MOMENTUM, Liwa -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat (La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com