Dilantik Periode Ketiga, Yozi Rizal Ingin Ditempatkan di Komisi III DPRD Lampung

Tanggal 04 Sep 2024 - Laporan Ikhsan Ferdiayanto - 163 Views
Anggota DPRD Lampung Yozi Rizal, saat diwawancara di kediamannya. foto: Ikhsan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Yozi Rizal, yang baru dilantik menjadi Anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2024-2029, mengaku ingin ditempatkan di Komisi III yang menangani masalah keuangan. 

Politisi Partai Demokrat ini menilai pentingnya peran komisi tersebut dalam mengoptimalkan anggaran daerah. Terlebih, dia akan membuktikan perubahan signifikan yang lebih baik pada bidang itu.

"Pemerintah daerah dapat berfungsi lebih optimal jika didukung oleh anggaran belanja yang memadai. Saya ingin mengetahui bagaimana pemda dapat meningkatkan anggaran, tidak hanya dengan cara menarik pajak atau bea balik nama," kata Yozi yang untuk ketiga kali menjadi anggota DPRD Lampung, Selasa (3-9-2024).

Yozi menekankan pentingnya peran pemerintah daerah dalam memperbesar anggaran belanja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. 

Ia percaya bahwa potensi, seperti sektor pariwisata, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sebagai Bendahara DPD Partai Demokrat Lampung, Yozi menegaskan perlunya merumuskan formula yang lebih optimal untuk peningkatan PAD. 

Ia berharap, proses penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD) yang akan dimulai dalam waktu dekat dapat dilakukan dengan baik melalui musyawarah, meskipun regulasi telah diatur dalam peraturan pemerintah.

"Insyaallah dalam waktu dekat ini kami akan mengadakan rapat penyusunan AKD. Meskipun regulasi sudah diatur, proses musyawarah tetap menjadi metode utama dalam menentukan pimpinan di masing-masing komisi," ujarnya.

Dia menuturkan, setelah penyusunan AKD, proses selanjutnya adalah pembentukan panitia khusus (pansus), yang harus dilakukan dengan baik agar tidak menghambat kinerja DPRD Lampung. 

Yozi mengingatkan pentingnya ketepatan dalam penyusunan alat kelengkapan dewan untuk memastikan kelancaran tugas dewan ke depan.

“Ketakutan kami adalah jika penyusunan AKD kurang tepat, hal ini bisa menghambat kinerja dewan,” katanya. (**)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pilkada Lamteng, Pujakesuma Lampung Dukung Ar ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Dukungan kepada pasangan dr. Ardito Wij ...


Pilkada 2024, Mukhlis Basri Ajak Kader PDIP P ...

MOMENTUM, Pringsewu--Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, Mukhlis ...


Bawaslu Ingatkan Netralitas ASN, Pj Bupati As ...

MOMENTUM, Kotabumi--Bawaslu Lampung Utara tak henti-hentinya mela ...


Pilkada 2024, Bawaslu Pringsewu Buka Pendafta ...

MOMENTUM, Pringsewu--Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabu ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com