Jaringan Kabel Listrik Tanpa Tiang Dikeluhkan Warga Sukamaju I

Tanggal 30 Sep 2024 - Laporan Sulemy - 149 Views
Jaringan kabel listrik PLN di Lingkungan Sukamaju I, Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat ini, hanya dicantelkan di batang pohon

MOMENTUM, Balikbukit--Upaya pemerataan layann penerangan listrik yang dilakukan PT PLN (persero) , ternyata belum sepenuhnya dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung. Salah satunya tiang penyangga jaringan kabel listrik ke pelanggan (rumah warga).

Kondisi tersebut terjadi di Lingkungan Sukamaju I, Kelurahan Waymengaku, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Jaringan kabel listrik PLN ke rumah-rumah warga di Lingkungan Sukamaju I terlihat mengkhawatirkan.

Kabel-kabel tersebut hanya disangga dengan tiang kayu atau bambu. Bahkan, ada yang hanya menumpang di batang pohon.  

"Sudah lama kayak begini, nggak ada tiang listriknya. Jadi hanya pakai kayu atau bambu untuk penyangga kabel listrik ke rumah-rumah warga. Sebenarnya kami khawatir, takut bahaya. Apa lagi, itukan ada setrumnya," kata salah seorang warga setempat.

Dia menyebut, ada lebih kurang 50 rumah di lingkungan tersebut dengan  jaringan kabel listrik tanpa tiang penyangga dari PLN. 

"Kami juga nggak tau, kenapa sampe sekarang belum ada pemasangan tiang listrik PLN. Padahal, lingkungan kami ini dekat dengan Kota Liwa, Kecamatan Balikbukit yang menjadi Ibukota Kabupaten Lampung Barat," keluh warga lainya.

Tustiyana salah satu warga setempat yang belum lama  memasang kwh baru mengatakan, pemasangan jaringan kabel listrik ke rumahnya terpaska menyambung dari rumah warga terdekat.

"Nggak ada tiang listrik. Jadi saat saya pasang Kwh, terpaksa nyambung kabel dari rumah tetangga yang lumayan agak jauh," tuturnya.

Akibat kondisi tersebut, Tustiyana mengaku harus mengeluarkan biaya tambahan  untuk pembelian kabel agar sampai ke titik sambung di rumah warga terdekat .

"Kalau mau diambil lasung ke tiang terlalu jauh, harus menarik kabel ratusan meter. Ini saja saya harus keluar biaya tambahan beli kabel biar bisa sampai untuk nyambung ke rumah tetangga terkdekat," ungkapnya.

Kepala Lingkungan Sukamaju I Katimun membenarkan kondisi tersebut. "Sudah lama memang tidak ada tiang listrik. Saya sudah lama  mengusulkan penambahan tiang listrik melalui proposal ke PLN Lampung Barat. Tapi, sampai sekarang belum ada tindaklanjutnya," terangnya.

Dia juga menyebut, sudah beberapa kali terjadi kabel listrik tersangkut  bak mobil truk yang melintas.  "Sudah sering kabel listrik nyangkut di bak mobil karena kabelnya terlalu rendah,"  ungkapnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Karya Bakti HUT TNI, Personel Kodim 0427/Wayk ...

MOMENTUM, Banjit--Komandan Kodim 0427/Waykanan Letkol Infantri Aa ...


Jaringan Kabel Listrik Tanpa Tiang Dikeluhkan ...

MOMENTUM, Balikbukit--Upaya pemerataan layann penerangan listrik ...


YPN-PDHI Lampung Bagi Bibit Alpukat dan Vaksi ...

MOMENTUM, Lampung-- Yayasan Pemberdayaan Nusantara (YPN) bersama ...


Lapak Pedagang di Pasar Waytuba Ambruk Diterj ...

 MOMENTUM, Gununglabuhan--Angin puting beliung yang menerjan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com