DAMPIL FDIK Sukses Digelar, Ajang Dakwah Mahasiswa untuk Pelestarian Lingkungan

Tanggal 06 Okt 2024 - Laporan Wawan/rls - 70 Views
Penyerahan penghargaan pada malam puncak penganugerahan DAMPIL di Kampus UIN RIL.

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) sukses menggelar sebuah ajang perlombaan yang bertajuk Dakwah Mahasiswa untuk Pelestarian Lingkungan (DAMPIL).

DAMPIL merupakan sebuah kompetisi lintas perguruan tinggi yang bertujuan untuk menyebarkan dakwah Islam melalui berbagai media, sekaligus meningkatkan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan. 

Kompetisi yang berlangsung setiap tahun ini menghadirkan berbagai kategori lomba, termasuk Short Movie Competition, Video Pemberdayaan Masyarakat, Video Bimbingan/Konseling Kelompok, dan Karya Tulis Ilmiah Desain Manajemen Masjid.

Malam puncak penganugerahan DAMPIL pun sukses diselenggarakan pada Kamis (03-10-2024) di Ballroom UIN Raden Intan Lampung.

Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Prof Dr H Idrus Ruslan MAg, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini sangat relevan dengan visi UIN Raden Intan Lampung. 

“Kegiatan ini merupakan turunan dari visi UIN RIL, yaitu menjadi rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035,” ujarnya.

Prof Idrus juga menekankan pentingnya keberlanjutan kegiatan ini, terutama karena melibatkan juri dan peserta dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Ia berharap agar para pemenang tidak berpuas diri, namun terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas mereka.

"Ajang ini adalah pintu pembuka bagi kompetisi serupa di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Kegiatan ini juga menjadi sarana yang penting untuk menggali potensi mahasiswa yang akan melahirkan talenta-talenta baru," tambahnya.

Dalam sambutannya, Dekan FDIK UIN RIL Dr H Abdul Syukur MAg, menyatakan bahwa DAMPIL merupakan salah satu bentuk implementasi dakwah dalam konteks kekinian, terutama dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin dinamis. 

“Melalui kompetisi ini, nilai-nilai keislaman dapat dirasakan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dakwah itu adalah menyampaikan Islam kepada manusia, baik dalam bentuk tabligh melalui Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) maupun pengajaran dan bimbingan melalui Bimbingan Konseling Islam (BKI),” ujarnya.

Dr Abdul Syukur juga menekankan pentingnya pengembangan dakwah melalui media digital dan berbagai bidang ilmu yang ada di FDIK. 

“Dakwah tidak hanya sebatas pengajaran, tetapi juga manajemen yang diimplementasikan melalui Manajemen Dakwah (MD), serta upaya pemberdayaan masyarakat yang menjadi fokus dari Prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Kita terus mengembangkan kegiatan ini agar dakwah dapat terus memberikan solusi atas berbagai permasalahan masyarakat,” tambahnya.

Ketua panitia kegiatan Dr H Jasmadi MAg mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dan melibatkan juri dari berbagai PTKIN ternama di seluruh Indonesia.

Kompetisi DAMPIL tahun ini berhasil menarik perhatian luas dari kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia. Dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan, berbagai karya yang dihasilkan oleh para peserta tidak hanya memperlihatkan kreativitas dalam berdakwah, tetapi juga kepedulian terhadap alam dan lingkungan.

Pada malam penganugerahan ini, para pemenang dari berbagai kategori diumumkan. Berikut daftar pemenang dari kompetisi film pendek:

- Video Pendek BKI

1. Nailis Sa'adah (Universitas Al-Amien Prenduan Sumenep)

2. Sonia Fijri (UIN Raden Fatah Palembang)

3. Istiana Agus Saputri (UIN Sunan Ampel Surabaya)

- Film Pendek KPI

1. Kms Ikhlasul Amal T (UIN Raden Intan Lampung)

2. Amalia Aida Muhammad (UIN Sunan Kalijaga)

3. M. Fahreza Akbar (UIN Raden Intan Lampung)

- Video Pendek PMI

1. Sindi Cahyani (UIN Raden Intan Lampung)

2. Adji Putra Pratama (UIN Raden Intan Lampung)

3. M. Fatahur Ridhon Sholeh (UIN KHAS Jember)

- Karya Tulis Ilmiah MD

1. Sayyidah Nafisa Almarwan (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

2. Nur Ichsani Achmad (UIN Raden Intan Lampung)

3. Ahmad Fauzan & Sapira Ramadani (UIN Raden Intan Lampung)

Acara Malam Penganugerahan DAMPIL dihadiri oleh Wakil Dekan FDIK, para Kaprodi dan Sekprodi, dosen serta mahasiswa. Selain itu, turut hadir peserta, dewan juri, supporter, serta berbagai stakeholder yang mendukung acara ini. Tak ketinggalan, sejumlah anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN RIL juga terlihat meramaikan suasana acara.

Adapun jurinya antara lain Dr H M Thoriq dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Muhammad Agandi dari UIN Walisongo Semarang, dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. Aep Kurniawan dari UIN Sunan Gunung Jati Bandung, serta juri dari Provinsi Lampung, Kemenag RI serta pemerhati perfilman Lampung.(wan/rls)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Sulit Pahami Kalkulus, Temukan Solusinya deng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadapi mata kuliah Kalkulus sering k ...


DAMPIL FDIK Sukses Digelar, Ajang Dakwah Maha ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FD ...


SMA Negeri 1 Kebuntebu Bekali Siswa Pendidika ...

MOMENTUM, Kebuntebu -- Kondisi perekonomian yang dimanis, membutu ...


Stadium General FUSA UIN RIL Bahas Karakter M ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FU ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com