Timbun Lahan Gambut, Mesuji Datangkan Batu Uruk asal Cilegon

Tanggal 06 Jan 2018 - Laporan - 1822 Views
Plt Kadis PUPR Najmul Fikri menunjukkan jenis batu uruk yang akan dipergunakan sebagai material pengerasan jalan di lahan gambut.Foto:ist

Harianmomentum.com--Guna memaksimalkan pembangunan jalan di lahan gambut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji merencanakan mendatangkan material batu uruk dari Kota Cilegon Banten.


"Batu yang didatangkan yakni jenis batu uruk khusus untuk peningkatan jalan wilayah gambut di Kecamatan Rawajitu Utara, Mesuji Timur dan Kecamatan Mesuji," ujar Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mesuji, melalui sambungan telepon, Sabtu (6/1).


Namun, menurut dia, hal tersebut nasih sebatas wacana yang direncanakan ke depan. "Kita akan lebih dulu melakukan survey ke wilayah penghasil batu tersebut agar mendapatkan hasil maksimal," kata dia.


Apabila jadi, batu yang dibeli dari Pulau Jawa itu akan diangkut menggunakan tongkang menyeberangi laut masuk melalui jalur Sungai Mesuji.


"Nanti kalau benar jadi kita ngambil batu di sana (Cilegon), akan diangkut lewat jalur laut karena lebih efisien dan hemat biaya," ungkapnya.  


Ia mengatakan, batu yang akan didatangkan itu hanya jenis batu uruk, karena terbukti efektif guna pengerasan jalan khususnya di wilayah Mesuji. 


"Batu uruk ini sudah pernah kita coba, sama seperti 2015 lalu Pemkab Mesuji juga mendatangkan berbagai jenis batu dari Cilegon. Mulai dari uruk, batu 2/3, batu 5/7 dan 10/15. Namun kali ini kita hanya akan pesan batu uruk saja, untuk pengerasan jalan," imbuhnya.(ish)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rejosari Alokasikan DD Rp122 Juta untuk Rehab ...

MOMENTUM, Pringewu--Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu, Kabupaten ...


Febrizal Levi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Mesuji, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji dan Tulangba ...


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com