Peserta JKN di Pesawaran Meningkat

Tanggal 08 Jan 2018 - Laporan - 1023 Views
Kepala Bidang Perlidungan dan Janiman Sosial pada Dinsos Pesawaran Hendro Wiyadi.

Hairanmomentum.com--Jumlah kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kabupaten Pesawaran selama tahun 2017, meningkat. 

Berdasarkan data dinas sosial (dinsos) setempat, tercatat lebih dari 10 ribu warga tidak mampu mengajukan rekomendasi kepesertaan JKN BPJS yang dibiayai pemerintah kabupaten setempat.

"Tahun lalu  (2017), kita mengeluarkan lebih dari 10 ribu surat rekomendasi kepsertaan JKN BPJS yang diajukan masyarakat," kata Kepala Bidang Perlidungan dan Janiman Sosial pada Dinsos Pesawaran Hendro Wiyadi, Senin (8/1).

Dia menerangkan, surat rekomendasi  dari Dinsos otomatis mengaktifkan kepesertaan masyarakat dalam program JKN BPJS yang pembayaran klaim-nya ditanggung pemkab setempat. 

“Jadi, kalau sudah dapat rekomendasi dari dinsos, otomatis menjadi peserta JKN BPJS yang ditanggung pemkab,”  terangnya.

Dia menjelaskan, untuk menjadi peserta JKN BPJS yang pembayaranan klaim-nya ditanggung pemerintah, masyarakat harus memenuhi persyaratan berupa surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari pihak  desa. Kemudian diajukan ke dinsos untuk mendapatkan rekomendasi kepeserta JKN BPJS.

Menurut dia, tidak ada target untuk pembuatan rekomendasi kepesertaan JKN BPJS bagi masyarakat tidak mampu. 

“Kita tidak punya target berapa rekomendasi yang harus kita keluarkan selama satu tahun. Intinya selama masyarakat mengajukan dan memenuhi persyaratan, pasti kita berikan rekomendasi,” ungkapnya .(doy)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Gubernur: Sarana dan Prasarana Layanan Kes ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Memberikan layanan kesehatan, memerlukan ...


Peringati HUT ke-63, IKWI Lampung Gelar Disku ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke ...


Pemkab Pandeglang dan Astra Financial Resmika ...

MOMENTUM, Pandeglang --  Puskesmas Pembantu (Pustu) Pakulura ...


Pemkot Metro Fasiliasi Tiga Pasien Jalani Per ...

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memfasilitasi tig ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com