Panwascam Ingatkan Masyarakat Tak Terpedaya Pemberian Timses

Tanggal 23 Jan 2018 - Laporan - 1145 Views
Ketua Panwascam Abung Selatan, Ahmad Sofri Yansyah. (Foto: Ysn).

Harianmomentum.com - Pantia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Abung Selatan Lampung Utara mengimbau masyarakat setempat tidak terperdaya  pemberian dalam bentuk apapun yang dilakukan tim pasangan calon (paslon), baik untuk gubernur dan wakil gubernur maupun bupati dan wakil bupati pada 2018 ini.


Ketua Panwascam Abung Selatan, Ahmad Sofri Yansyah  mengatakan, menjelang pemilukada pada 27 Juni mendatang banyak sekali tim-tim sukses dari para paslon yang telah turun atau masuk ke pelosok-pelosok desa untuk mensosialisasikan jagonya masing-masing. 


Akan tetapi, lanjut dia, terkadang sosialisasi itu dibarengi dengan memberikan? sesuatu barang atau bentuk lainnya kepada masyarakat yang dikunjunginya. "Sosialisasi gak masalah. Cuma kegiatan bagi-bagi itu yang disayangkan. Klo sosialisasi itu memaparkan visi dan misi serta program kerja ke masyarakat itu lebih mulia," ujar pengacara muda ini  saat ditemui di sekretariat Panwascam Abung Selatan, Selasa (23/1).


Menanggapi tudingan panwascam yang tidak mampu berbuat banyak terhadap kejadian serupa di wilayahnya. Pengacara muda ini menerangkan, saat ini panwascam belum bisa melakukan penindakan dikarenakan saat ini belum masuk tahapan penetapan paslon.


"Kita belum bisa eksekusi lantaran belum masuk tahapan. Ketika masuk tahapan baru bisa ditindak dan bisa dipidanakan baik penerima atau pemberi. Untuk money politik tidak ada kompromi," tegas Ahmad


Kembali ditegaskan Ahmad, masyarakat jangan mudah terperdaya atas iming-iming dan pemberian  dari para tim paslon. "Jangan gadaikan hak pilih kita untuk sesuatu yang instan. Cerdaslah dalam memilah sesuai hati nurani masing-masing. Ingat ketika masuk tahapan penetapan paslon tidak diperkenankan menerima pemberian apapun yang berkaitan dengan pemilukada jika melanggar akan terkena sanksi pidana," serunya.


Diketahui, tim-tim sukses dari beberapa paslon telah beberapa kali masuk ke desa-desa  yang ada di kecamatan? Abung Selatan. (Ysn)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mantan Ketua PWI Pringsewu, Andoyo Daftar Caw ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ...


Besok, Rahmat Mirzani Djausal Sambangi Nasdem ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Rahmat Mirzani Djausal (RMD), Ketua DPD ...


Bursa Cagub Lampung, Herman HN Punya Misi Lan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mantan Walikota Bandarlampung dua period ...


Hanan A Rozak Gercep Kembalikan Berkas Pencal ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Salah satu bakal calon gubernur (Bacagub ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com