Kasus HIV/AIDS di Lamsel Tertinggi di Lampung

Tanggal 25 Jan 2018 - Laporan - 1601 Views
Kegiatan silaturahmi Bupati Lampung Selatan dengan pengurus pondok pesantren se- kabupaten setempat.

Harianmomentum.com--Orang tua dan para tokoh agama punya peran penting dalam membantu pemerintah menekan penyebaran virus penyakit HIV/AIDS, yang sebagian besar ditularkan lewat hubungan sek bebas di luar nikah dan penyalahgunaan norkoba.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Zainudin Hasan menanggapi data tingginya kasus HIV/ AIDS di kabupaten setempat. 

Berdasarkan data, kasus HIV/ AIDS yang terjadi di Kabupaten Lamsel pada tahun 2017 merupakan yang tertinggi di Provinsi Lampung.

Data pemerintah kabupaten setempat menyebut, pada tahun 2017 terjadi 99 kasus HIV/ AIDS yang tersebar pada 17 kecamatan. Angka tersebut naik signifikan dibanding tahun 2016  yang hanya 36 kasus dan 23 kasus pada tahun 2015. 

 

Kasus terbanyak, terjadi di Kecamatan Candipuro dengan 19 kasus. Kemudian,10 kasus di Kecamatan Sragi. Sedangkan kecamatan lainnya, rata-rata di bawah 10 kasus.

0"Peran orang tua dan tokoh agama dalam memberikan bimbingan ahlak yang baik kepada generasi muda sangat penting untuk mencegah terjadinya penularan HIV/AIDS melalui sek bebas dan  penyalahgunaan narkoba,” kata bupati saat acara silaturahmi dengan para pengurus pondok pesantren yang tergabung dalam Rohbitho Mahhab Islamiyah Kabupaten Lamsel. Kegiatan berlangsung di Aula Krakatau kantor pemkab setempat, Kamis (25/1).

Karena itu, bupati meminta program peningkatan iman dan taqwa untuk seluruh lapisan masyarakat di Kaupaten Lamsel, harus lebih gencar dilakukan.

"LGBT (lesby, gay, biseksual dan  transgender) itu bagaikan penyakit vampire. Kalau tergigit, yang tergigit bisa tertular perilaku dan penyakitnya. Karena itu, para orang tua, tokoh agama, lembaga dan ormas keagamaan harus lebih gencar memberikan bimbingan ahlak yang baik kepada seluruh lapisan masyarakat, terutam generasi muda,” pintanya.

Peningkatan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Lamsel diketahui melalui program pemeriksaan mobile klinik VCT dan Rapid Diagnosis Test (RDT) kepada ibu hamil dan penderita TB pada seluruh puskesmas di kabupaten setempat. (bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com