Musrenbang Kecamatan, Bupati Ajak Aparatur Desa Efisiensi Anggaran

Tanggal 26 Jan 2018 - Laporan - 913 Views
Bupati Chusnunia Chalim menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan di Balai Desa Sumur Kucing Kecamatan Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur.Foto:ist

Harianmomentum.com--Menghadiri Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2018, Bupati Chusnunia Chalim mengajak aparatur desa untuk mengefisiensikan anggaran guna peningkatan pembangunan di Kabupaten Lampung Timur.


Hal tersebut disampaikan bupati saat menghadiri Musrenbang tingkat kecamatan di Balai Desa Sumur Kucing, Kecamatan Pasir Sakti, Kamis (25/01).


Bupati yang akrab disapa Nunik itu menjelaskan bahwa kita harus melakukan pengetatan anggaran, terutama meminimalisasi belanja yang tidak penting.


Hal tersebut dilakukan, mengingat total dana alokasi umum (DAU) 2018 mengalami penurunan, tetapi untuk alokasi infrastruktur prosentase totalnya lebih tinggi dari 2017.


"Kita betul - betul harus melakukan efensiasi, namun anggaran yang sifatnya pembangunan untuk warga tetap dimaksimalkan. Sehingga, meskipun anggaran dari pusat jatahnya dikurangi sedikit, tetapi anggaran untuk infrastrukturnya tetap kita naikkan," kata dia.


Bupati Lampung Timur juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat sesuai dengan sarana yang pas bagi warga atau masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau usulannya guna berpartisipasi dalam proses pembangunan daerah.


"Harapannya, apa yang dibutuhkan warga atau masyarakat melalui forum musrenbang akan tergambar lebih gamblang dan jelas,” jelas Chusnunia.


Musrenbang merupakan kegiatan rutin tahunan Pemerintah dalam upaya mengakomodasi peran atau usulan dari komponen masyarakat untuk dapat dimasukkan dalam program kerja pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.


Diketahui pada tahun 2018, Musrenbang Tingkat Kabupaten Lampung Timur dilaksanakan selama empat hari yang tersebar di 24 kecamatan, yakni mulai tanggal 25 januari 2018 sampai dengan 31 januari 2018  yang rencannya di akhir kegiatan akan dilaksanakan di Kecamatan Bumi agung, Sekampung, Way Bungur, Sukadana, Purbolinggo dan Raman Utara.


Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kabupaten dilaksanakan oleh tiga tim pelaksana yang masing masing dipimpin oleh Bupati Lampung Timur, Wakil Bupati Lampung Timur dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, sehingga setiap tim melakukan musrenbang masing masing sebanyak enam titik lokasi atau kecamatan.


Kegiatan itu dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan David Ariswandy, Kepala Inspektorat Kabupaten Lampung Timur Nurdin Sifrizal, Kepala Bappeda Puji Riyanto, dan Camat Pasir Sakti Titin Wahyuni.(rls)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com