Ribuan TKS Tanggamus Pertanyakan Kartu Kepesertaan JKN

Tanggal 21 Feb 2018 - Laporan - 1072 Views
Ilustrasi. Foto: net/ist

Harianmomentum.com--Ribuan Tenaga Kerja Sukarela (TKS) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus mempertanyakan belum terbitnya kartu kepersertaaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Ketenagakerjaan dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) setempat.

 

Ironisnya, iuran premi tahun 2017 untuk kepesertaan JKN bagi para TKS tersebut, sudah dibayar lunas oleh Pemkab Tanggamus. Namun, hingga saat ini kartu kepesertaan JKN, tak kunjung diterima oleh para TKS tersebut.

 

Kepala Bidang (Kabid) Tengana Kerja pada Disnaker Tanggamus Afrida Susanti mengatakan, telah berulang kali mempertanyakan kepada BPJS terkait pembagian kartu kepersertaan JKN untuk para TKS di lingkup pemkab setempat.

 

“Sudah berulang kali kita mengkonfirmasi kapan dibagikannya kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk TKS Tanggamus, kepada pimpinan Kantor Cabang BPJS. Namun, selalu saja jawabannya tidak pasti dan juga tanpa alasan yang jelas,” kata Afrida pada harianmomentum.com, Rabu (21/2).

 

Dia melanjutkan, kepemilikan kartu peserta BPJS Ketenaga Kerjaan tersebut sangat penting, sebagai klaim perawatan kesehatan bagai para TKS.

 

Menanggapi itu, Kepala KCP BPJS Pringsewu Imam menyangkal, kabar yang  menyebut seluruh TKS di Tanggamus belum menerima kartu kepesertaan JKN Ketenagakerjaan. 

 

“Sudah 1.500 kartu peserta JKN kita bagikan untuk TKS Tanggamus, melalui badan kepegawaian daerah (BKD) setempat. Sedangkan, sisanya sekitar 3.500 kartu masih dalam proses pencetakan,” kata Imam melalui telepon.

 

Dia menerangkan, keterlambatan pencetakan kartu tersebut disebabkan keterlambatan penyerahan data peserta, sesuai kartu tanda penduduk (KTP) yang kemungkinan juga masih dalam proses. (day/zal)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rejosari Alokasikan DD Rp122 Juta untuk Rehab ...

MOMENTUM, Pringewu--Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu, Kabupaten ...


Febrizal Levi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Mesuji, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji dan Tulangba ...


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com