Bencana Banjir, Masyarakat Diminta Waspada Serangan Penyakit

Tanggal 13 Mar 2018 - Laporan - 844 Views
?Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung Reihana. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung mengimbau warga menjaga kesehatan dengan memperhatikan makanan dan minuman, serta kebersihan fasilitas MCK umum. 


Peringatan itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Lampung Reihana menyusul terjadinya musibah banjir di beberapa kabupaten/kota se-Lampung yang berpotensi menimbulkan berbagai penyakit.


Menurut Reihana, beberapa penyakit yang bisa muncul pada musim banjir, adalah penyakit infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan atas, dan gatal-gatal. Selain itu ada juga penyakit Leptospirosis yang memiliki gejala menyerupai flu, yaitu demam, nyeri otot, dan pusing.


“Leptospirosis ini penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang disebarkan hewan, seperti tikus. Leptospirosis bisa menyerang manusia melalui kontak langsung dengan air, terutama saat banjir,” ujar Reihana di Kantor Gubernur Lampung, Senin (12/3).


Karena penyakit ini menyerang sistem ketahanan tubuh, maka Reihana mengingatkan agar tetap menjaga pola hidup sehat, meski kondisi banjir atau bencana lainnya.


“Itu penyakit infeksi tentu autoimun tubuh yang harus kita jaga. Jadi kita imbau tetap menjaga hidup bersih dan sehat jika terjadi banjir, tetap jaga kebersihan makanan dan minuman,” kata dia.


Selanjutnya Reihana menambahkan, Dinkes Provinsi dan Dinas Sosial Provinsi juga sudah turun ke lapangan untuk membantu para korban melalui Tagana (Taruna Siaga Bencana).


“Di dalam tim Tagana ini ada juga ada tim medis dari Dinas Kesehatan untuk mengatisipasi kalau ada Keadaan Luar Biasa (KLB) di daerah yang terkena banjir,” tandasnya. (ira).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com