Dinkes Pringsewu Gelar Senam 'Gabat Gibut'

Tanggal 22 Mar 2018 - Laporan - 866 Views
Wabup Fauzi membuka lomba senam Gabat Gibut yang digelar oleh Dinas Kesehatan Pringsewu./Sulistyo

Harianmomentum.com--Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu gelar lomba senam 'Gabat Gibut' dalam rangka mengkampanyekan kesehatan sekaligus memperingati HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu. Kegiatan itu diikuti 26 kelompok (grup) atau 312 orang dari perwakilan puskesmas dan pustu se-Kabupaten Pringsewu.

 

Pelaksana final akan diikuti oleh 12 grup yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Kamis (22/3). Kegiatan itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Pringsewu H Fauzi didampingi Asisten I Zuhairi, Kadis Kesehatan Purhadi dan Kadis Pendidikan H Tri Prawoto.

 

Dalam sambutannya, Fauzi atas nama Pemkab Pringsewu mengapresiasi adanya kampanye kesehatan dan senam Gabat Gibut yang digelar atas kerja sama Dinkes, Puskesmas dan tim masyarakat.

 

"Saya berharap, kegiatan kampanye kesehatan terus dilaksanakan. Begitu juga senam terbaru ini dengan nama Gabat Gibut," harapnya.

 

Disamping itu, Wabup mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti program Germas (Gerakan masyarakat Hidup Sehat) di Kabupaten Pringsewu.

 

Dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 setiap hari dan makan buah-sayur setiap hari serta cek kesehatan minimal enam bulan sekali agar masyarakat sehat, maju, sejahtera dan bersenyum manis.

 

Sedang dalam melakukan aktivitas fisik dapat dilakukan kapan dan di mana saja, seperti  melakukan aktivitas rumah, perjalanan, sekolah, tempat kerja dan tempat umum. Kegiatan peningkatan konsumsi makan buah dan sayur meliputi makan buah bersama, makan buah pada kudapan rapat, lomba menyusun menu sayuran, bazar buah dan sayuran dan pemanfaatan pekarangan.

 

Serta rajin memeriksa kesehatan cek tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol, tes darah lengkap di laboraturium, lingkar perut dan deteksi dini kanker leher rahim.

 

"Terpenting lagi  tidak merokok, membersihkan lingkungan, menggunakan jamban sehat dan tidak mengkonsumsi alkohol," tegas Fauzi.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pringsewu Purhadi menjelaskan, dasar pelaksanaan kampanye kesehatan dan lomba senam Gabat Gibut, karena saat ini di Indonesia tengah menghadapi tantangan besar masalah kesehatan Triple Burden yakni masih adanya penyakit infeksi tetapi meningkat, juga penyakit tidak menular.

 

"Maka dalam hal ini, sekaligus dalan rangakaian HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu, Dinas Kesehatan mengajak masyarakat dan UPT Puskesmas untuk mengkampanyekan kesehatan dan senam Gabat Gibut guna meningkatkan kesehatan masyarakat di Kabupaten Pringsewu,"ujarnya.

 

Kadis Kesehatan Purhadi menambahkan, pihaknya juga telah dan akan melakasanakan kegiatan lain seperti lomba balita sehat, lomba LCT kader posyandu, kampanye aku bangga aku tahu, lomba kader jumantik, kampanye Napza, gebyar ANC terpadu, khitanan massal.

 

Serta pembagian sertifikat lulus ASI Eksklusif, lomba duta tablet tambah darah, lomba duta STMB, kebersihan puskesmas, donor darah, pemeriksaan PTM dan IVA dan Pringsewu award untuk masyarakat yang peduli dibidang kesehatan."Semua anggenda itu sebagian sudah dilaksanakan sejak Februari hingga Maret ini," imbuh Purhadi.(lis)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com